Connect with us

Info Regional

Sejarah Hari Pendidikan Nasional Berkat Jasa Dari Ki Hajar Dewantara

Published

on

Ki Hajar Dewantara [suarapemerintah]
Ki Hajar Dewantara [suarapemerintah]

Jakarta, Bindo.id – Ki Hajar Dewantara pahlawan nasional yang lahir pada tanggal 2 Mei 1889. Nama asli dari Ki Hajar Dewantara yaitu RM Suwardi Suryaningrat.

Hari lahir Ki Hajar Dewantara tanggal 2 Mei diperingati sebagai Hari Pendidikan Nasional. Dirinya merupakan salah satu pahlawan nasional yang menjadi pelopor pendidikan pribumi. Sejarah Hari Pendidikan Nasional atau yang dikenal dengan Hardiknas tak luput dari usaha Ki Hajar Dewantara beserta teman-temannya.

Sejarah Hari Pendidikan Nasional

Ki Hajar Dewantara, Dr Cipto Mangunkusumo dan Douwes Dekker, seperti yang dikutip dari buku Sejarah karya Habib Mustopo dkk, telah mendirikan Indische Partij. Pendirian Indische Partij ini dalam rangka untuk mencapai kemerdekaan Indonesia.

Ki Hajar Dewantara juga telah menuliskan kritikan yang berjudul Als Ik een Nederlander was atau Seandainya Aku Orang Belanda. Tulisan tersebut membuat dirinya diasingkan ke Belanda.

Sejak masa pengasingan ini, dirinya mendalami tentang pendidikan dan pengajaran. Saat dia kembali ke Tanah Air pada tahun 1918, Ki Hajar Dewantara banyak memberi perhatian di bidang pendidikan. Pada tanggal 3 Juli 1922 dirinya mendirikan lembaga Taman Siswa.

Dalam sistem pendidikan Taman Siswa, Ki Hajar Dewantara memakai semboyan di bawah ini:

1. Ing ngarsa sung tuladha: di depan memberikan contoh atau suri teladan kepada yang ada di tengah dan belakang.

2. Ing madya mangun karsa: di tengah memberikan semangat bagi kemajuan.

3. Tut wuri handayani: di belakang memberikan dorongan.

Ketiga semboyan tersebut masih dipakai menjadi slogan pendidikan hingga sekarang. Atas semua jasanya, Ki Hajar Dewantara mendapat anugerah menjadi Bapak Pendidikan Nasional.

Sesuai dengan Surat Keputusan Presiden RI Nomor 305 tahun 1959, hari kelahirannya ditetapkan menjadi Hari Pendidikan Nasional.

Baca Juga  6 Tokoh Dapat Gelar Pahlawan Nasional Diberikan Secara Langsung Oleh Presiden Jokowi

Peringatan Hardiknas 2023

Berdasarkan Surat Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI, peringatan Hardiknas yang diperingati pada tanggal 2 Mei 2023, pada bulan Mei 2023 telah dicanangkan menjadi bulan Merdeka Belajar.

Tema peringatan Hardiknas 2023 yaitu Bergerak Bersama Semarakkan Merdeka Belajar. Kemendikbudristek mengadakan upacara bendera peringatan Hardiknas pada tanggal 2 Mei 2023 jam 08.00 WIB.

Berbagai instansi diimbau agar melaksanakan bermacam kegiatan untuk memeriahkan hari Hardiknas tahun ini. Kegiatan yang diselenggarakan disarankan kreatif, menjaga dan membangkitkan semangat belajar, dan mendorong adanya partisipasi publik.

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion

Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *