Connect with us

Info Regional

Polisi RW Rencananya Akan Diterapkan Di Semua Polda Indonesia, Polsek Tambora Akan Jadi Pilot Project

Published

on

Ilustrasi Pengukuhan Polisi RW [koran-jakarta]
Ilustrasi Pengukuhan Polisi RW [koran-jakarta]

Jakarta, Bindo.id – Program Polisi RW merupakan gagasan dari Polda Metro Jaya. Program Polisi RW ini rencananya akan diterapkan di seluruh wilayah Indonesia. Dalam program tersebut, Polsek Tambora, Jakarta Barat, akan dipercaya menjadi pilot project program.

Direktur Binmas Polda Metro, Kombes Badya Wijaya, menuturkan Baharkam Polri sedang mengadakan studi banding terkait pelaksanaan Polisi RW yang ada di wilayah Polda Metro Jaya.

Setidaknya ada 34 direktur binmas polda se-Indonesia yang menghadiri secara langsung. Mereka berkunjung di Polsek Tambora pada hati Rabu (12/4/2023). Sebagai percontohan, jajaran Polda Metro dan Kapolsek Tambora Kompol Putra Pratama memberikan penjelasan terkait program tersebut.

“Betul saat ini program polisi RW yang dilaksanakan Polda Metro Jaya menjadi percontohan seluruh polda se-Indonesia,” tutur Badya, Rabu (12/4/2023).

Badya mengungkapkan pihaknya telah dikunjungi pejabat yang berasal dari Koorbinmas Baharkam Polri dan semua direktur binmas polda se-Indonesia. Mereka datang berkunjung ke Polsek Tambora, Jakbar. Tujuan mereka berkunjung yakni untuk melihat secara langsung pelaksanaan program tersebut di lapangan.

Badya menuturkan Kapolda Metro Jaya Irjen Karyoto menyebutkan akan meneruskan program yang telah digagas oleh Kapolda sebelumnya yaitu Komjen Fadil Imran. Ke depannya akan dilaksanakan penguatan program tersebut.

“Kapolda Metro Jaya yang baru dalam arahan kepada kami juga meminta untuk dilaksanakan penguatan pada program Polisi RW ini sebagai tindak lanjut atas perintah Kapolri,” tuturnya.

Kapolda Metro telah memberi perintah saat commander wish pada awal menjabat. Dirinya menuturkan program Polisi RW penting dilaksanakan demi meningkatkan intensitas komunikasi dan menciptakan interaksi positif antara polisi dan masyarakat. Anggota juga akan mendengarkan keresahan yang ada di masyarakat dan mencari solusi penyelesaiannya.

Baca Juga  Ditreskrimsus Polda Metro Jaya Tangkap 12 Tersangka Pengedar Dolar Palsu

“Polisi RW itu seperti LO (liaison officer) saja,” tuturnya.

Dilansir dari detik.com, apabila Polisi RW tidak dapat mengatasi masalah yang ada sendiri, maka wajib meneruskan permasalahan yang telah dilaporkan oleh warga ke polsek atau polres agar dapat segera diselesaikan polsek ataupun polres.

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion