Connect with us

Info Regional

Ekonomi Bergeliat, Pertamina Gencar Promosikan Produk UMKM Binaan di Berbagai Bazar Selama Ramadhan

Published

on

Pertamina UMKM

Jakarta, Bindo.id – Ramadan merupakan momen emas bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk meningkatkan omzet, dimana konsumsi masyarakat terus meningkat hingga puncaknya jelang Idul Fitri.

Peluang ini dimanfaatkan Pertamina dengan mengikutsertakan UMKM Binaannya dalam berbagai Bazar selama bulan Ramadan.

Dalam pekan ini, Pertamina membawa produk-produk unggulannya dalam berbagai ajang pameran produk UMKM di dalam dan luar negeri. Kegiatan ini merupakan bagian dari program Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI), agar masyarakat Indonesia mencintai dan menggunakan karya anak bangsa, utamanya produk lokal, dalam upaya mendorong penguatan pertumbuhan ekonomi nasional melalui penguatan UMKM.

Salah satunya Bazar “Sobat Energi Belanja UMKM” yang digelar Kementerian ESDM dan dibuka Menteri ESDM Arifin Tasrif, Selasa (4/4). Dalam kesempatan tersebut Arifin Tasrif menyampaikan Kementerian ESDM menjadi bagian dari keanggotaan Gernas BBI, dengan mengambil peran mendukung melalui berbagai upaya dalam memajukan pelaku UMKM.

“Bazar ini diharapkan menadi salah satu sarana dan wadah bersama dalam upaya untuk meningkatkan dan memasarkan produk-produk UMKM, bekerjasama dengan Kementerian Koperasi dan UKM, Kementerian Kelautan dan Perikanan, serta stakeholder lainnya seperti Pertamina, Mind ID, PLN, SKK Migas, Bank BUMN, yang mengikutsertakaan UMKM binaannya.

Bertepatan dengan bulan Ramadan 1444 H yang penuh berkah, kami harapkan pengunjung dapat memaksimalkan berbelanja di bazar dan dapat berbagi sesama dengan memberikan manfaat bagi semua,” jelas Arifin dalam sambutannya.

Menjadi energi bagi para pelaku ekonomi kecil, menengah dan mikro untuk kembali bergeliat dalam mendorong kemajuan ekonomi bangsa,” jelasnya.

“Kami bersyukur semoga kondisi saat ini menjadi momentum bagi pelaku UMKM untuk dapat bangkit kembali dengan terus berkreasi menciptakan produk-produk unggulan. Pada Bazar SMEXPO selama 2 hari ini, Alhamdulillah dagangan kami laris, “ kata Lia, pemilik usaha Ninikus Jamur yang kali ini menyiapkan produk makanan beku olahan jamur tiram

Baca Juga  APKLI Kota Blitar Berpartisipasi Di Acara Pasar Ramadhan Kota Blitar

Sementara pengusaha makanan olahan beku lainnya Sanrah Food, menawarkan produk menarik aneka lauk, dengan bahan baku segar, serta bumbu kaya rempah khas Indonesia. “Agar menarik pengunjung, kami menawarkan paket-paket lauk dengan harga lebih hemat,” jelas Lina, pemilik Sanrah Food.

Program Pendanaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (PUMK), merupakan salah satu upaya Pertamina untuk terus mendorong pertumbuhan ekonomi melalui dukungan terhadap sektor UMKM di Indonesia.

Program ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan usaha kecil agar menjadi tangguh dan mandiri sekaligus memberikan multiplier effect bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Pertamina menunjukan konsisten dalam menjalankan SDGs poin 8 untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan, kesempatan kerja yang produktif dan menyeluruh serta pekerjaan yang layak untuk semua.

Hal ini diwujudkan dalam bentuk pembinaan kepada seluruh UMKM binaan Pertamina, sebagai upaya untuk mendorong setiap mitra binaan menjadi UMKM naik kelas.(bas)

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion