Connect with us

Info Regional

150 Titik CCTV Tersebar Sepanjang Jalur Kediri – Blitar

Published

on

Kapolres Blitar Kota AKBP Argo Wiyono
Kapolres Blitar Kota AKBP Argo Wiyono

Blitar, Bindo.id – Kepolisian memantau arus mudik lebaran 2023 melalui di sepanjang jalur Kota Blitar. Termasuk jalur utama Blitar-Kediri yang dipadati pemudik. Jalur mudik Kediri-Blitar menjadi perhatian serius oleh Polres Blitar Kota. Hal itu terbukti dengan dipasangnya kamera CCTV di jalur Kediri-Blitar.

Menurut Kapolres Blitar Kota, AKBP Argo Wiyono, total ada 150 CCTV milik Diskominfotik Kota Blitar yang akan digunakan untuk memantau jalur mudik. Khususnya pada jalur Kediri-Blitar.

“Kami telah bekerja sama dengan Diskominfotik Kota Blitar untuk mengintegrasikan kamera CCTV yang tersebar di 150 titik untuk memantau kondisi lalu lintas,” kata Kapolres Blitar Kota, AKBP Argowiyono, Kamis (20/4/2023).

150 Titik CCTV tersebut bisa diakses atau dipantau langsung di Pos Pelayanan Alun-Alun Kota Blitar. Nantinya, polisi bisa memonitor secara langsung kondisi arus lalu lintas selama arus mudik lebaran 2023.

Argo menyebut petugas secara cepat mengambil langkah-langkah penanganan jika terjadi kemacetan arus lalu lintas melalui monitor CCTV. Misalnya, melakukan rekayasa lalu lintas di lokasi yang terjadi kemacetan.

Argo menjelaskan, pergerakan pemudik sudah mulai terpantau dan ada beberapa titik yang perlu diwaspadai. Termasuk jalur utama Blitar-Kediri yang dimulai dari Simpang Jalan Tanjung sampai Simpang tiga Tugurante, Srengat.

Sejumlah rekayasa lalu lintas pun telah disiapkan oleh Satlantas Polres Blitar Kota. Rekayasa lalu lintas itu akan difungsikan jika terjadi kepadatan di jalur Kediri-Blitar tersebut.

Saat ini, kata Argo, pergerakan pemudik mulai terpantau dan ada beberapa titik yang perlu diwaspadai. Termasuk jalur utama Blitar-Kediri yang dimulai dari Simpang Jalan Tanjung sampai Simpang Tugurante, Srengat.

Petugas juga melakukan rekayasa lalu lintas dengan memasang pembatas di tengah jalan Tanjung. Selain itu, traffic light di Simpang Jalan Tanjung untuk sementara akan dimatikan dan dilakukan pengaturan arus lalu lintas secara manual.

Baca Juga  Pemudik Serbu Kampung Coklat Blitar Pada Saat Lebaran

“Misalnya di Jalan Tanjung dilakukan rekayasa lalu lintas, pengendara dari arah Timur (Jalan Tanjung, Kota Blitar) yang akan ke SPBU tidak bisa langsung belok ke kanan. Tetapi lurus dulu (Jalan Tanjung menuju arah Tulungagung – Kediri), memutar balik sedikit. Begitupun di lokasi lainnya,” jelas Argo.

Argo menambahkan pihaknya mengimbau masyarakat maupun pemudik agar tetap waspada dan mematuhi rambu – rambu lalu lintas. Sehingga, perjalanan mudik bisa berjalan dengan aman dan lancar hingga tujuan.

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion