Connect with us

Info Regional

Heru Minta Sumur Resapan Dibangun di Taman Sensori Kamal Jakarta Barat

Published

on

Penataan kawasan hijau yang berada di Taman Sensori Kamal, Kalideres, Jakarta Barat [faktapers]
Penataan kawasan hijau yang berada di Taman Sensori Kamal, Kalideres, Jakarta Barat [faktapers]

Jakarta, Bindo.id – Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono melakukan peninjauan penataan kawasan hijau yang berada di Taman Sensori Kamal, Kalideres, Jakarta Barat. Dirinya meminta sumur resapan agar dibangun di kawasan tersebut.

“Rencananya kami akan menyiapkan taman serta tempat bermain anak,” tutur Heru Budi dilansir dari detik.com, Selasa (28/2/2023).

“Inilah yang kita upayakan bersama baik dari tokoh masyarakat serta unsur Forkopimda di Jakarta Barat,” imbuhnya.

Heru didampingi Wali Kota Jakarta Barat Yani Wahyu Purwoko, Kepala Dinas Pertamanan dan Hutan Kota (Distamhut) Bayu Meghantara, Polri dan TNI, Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB), dan Tokoh Masyarakat terkait lainnya.

Dalam acara tersebut, mereka melakukan penanaman sebanyak 20 pohon Tabebuya dan Kamboja di lokasi. Heru menuturkan Taman Sensori Kamal mempunyai luas 9.900 meter persegi. Sebelumnya area ini digunakan oleh warga sekitar sebagai lahan parkir mobil dan bengkel.

Pemprov DKI Jakarta akan terus mengadakan penanaman pohon serta penghijauan di lokasi yang memang dimiliki oleh Pemprov DKI.

“Tempat ini adalah milik Dinas Pertamanan dengan luas total 9.900 meter,” ucapnya.

Heru menuturkan bahwa Taman Sensori ini juga akan dilengkapi dengan fasilitas untuk mengatasi adanya limpahan air hujan. Salah satu upaya untuk mengatasi limpahan air hujan yaitu dengan membangun sumur resapan.

“Tadi saya minta kalau bisa ditambahkan ada tempat penampungan air, sehingga bisa mengurangi dampak musim hujan,” ucapnya.

Tokoh masyarakat Babe Haji Ahmad Muzamil meminta agar tak banjir, oleh karena itu akan disiapkan sodetan. Kadis SDA nantinya akan merevitalisasi saluran-saluran di Kamal (sekitar taman Sensori). Harapannya adanya taman ini dapat bermanfaat bagi masyarakat. Menurutnya, sumur resapan bagus untuk menampung.

Baca Juga  Gelar Sembako Murah Di Jakarta, Heru Budi Bantah Ada Kaitan Dengan Pemilu 2024

“Jadi nanti tetap taman ada rumput, bawahnya ada sumur resapan. Sumur resapannya di sini,” sambungnya.

Setelah penataan di Jakarta Barat, Penataan kawasan hijau akan dilanjutkan di wilayah Jakarta Selatan. Heru menuturkan bahwa taman tersebut dibuat untuk warga. Oleh karena itu, diharapkan warga ikut menjaga taman tersebut.

Heru juga mengucapkan terima kasih kepada semua warga yang sudah membantu. Heru mengatakan bahwa taman ini juga untuk warga. Taman ini dapat digunakan sebagai tempat bermain, tempat interaksi, maupun olahraga.

“Jadi saya titip Pak RW, Pak RT, Tokoh Masyarakat untuk bisa dirawat lokasi ini yang sudah kita bangun bersama-sama,” tuturnya.

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion