Connect with us

Info Regional

Dibuka Pendaftaran KIP Kuliah UTBK 2023, Cek Infonya

Published

on

Ilustrasi KIP Kuliah [pattae]
Ilustrasi KIP Kuliah [pattae]

Jakarta, Bindo.id – Pendaftaran bantuan pendidikan KIP Kuliah jalur UTBK resmi dibuka. Pembukaan pendaftaran KIP ini diumumkan oleh Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan (Puslapdik) Kemendikbudristek melalui Instagram @puslapdik_dikbud.

Siswa dapat mendaftar KIP Kuliah mulai 22 Maret sampai 13 April 2023. Puslapdik Kemendikbudristek mmberikan imbauan bagi siswa penerima KIP Kuliah Merdeka segera memilih seleksi UTBK SNBT yang ada di Menu Seleksi SIM KIP Kuliah.

Jika menu seleksi belum tampil, artinya berkas KIP Kuliah Merdeka yang diperlukan untuk mendaftar belum dilengkapi. Dilansir dari detik.com, berikut ini sejumlah persyaratan ekonomi dan berkas-berkas yang diperlukan :

Persyaratan Ekonomi KIP Kuliah Merdeka 2023

Penerima KIP Kuliah Merdeka diperuntukkan bagi siswa dari keluarga miskin atau rentan miskin. Berikut ini 4 persyaratan ekonomi yang diperlukan :

  1. Mempunyai Kartu Indonesia Pintar (KIP) Pendidikan Menengah atau pendidikan sebelumnya.
  2. Terdata pada Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) atau pernah mendapatkan program bantuan sosial. Program bansos yang pernah didapatkan misalnya Bansos Program Keluarga Harapan (PKH), Bansos Penerima Bantuan Iuran Jaminan Kesehatan (PBI JK) dan Bansos Bantuan Pangan Non-Tunai (BPNT).
  3. Berasal dari panti asuhan atau panti sosial lainnya.
  4. Masyarakat miskin yang termasuk dalam Data Pensasaran Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem (P3KE) milik Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan.

Jika tak termasuk pada 4 kriteria di atas, maka harus melampirkan berkas untuk memperoleh KIP Kuliah Merdeka. Berikut ini berkas yang harus dilampirkan :

  1. Bukti pendapatan kotor gabungan orang tua/wali totalnya paling banyak sebesar Rp 4 juta. Pendapatan kotor tersebut jika dibagi dengan jumlah anggota keluarga harus menghasilkan Rp 750 ribu.
  2. Bukti keluarga miskin yang dibuktikan dalam bentuk Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) yang diterbitkan oleh delegasi pemerintah minimum tingkat desa/kelurahan.
Baca Juga  Dulu Terima KIP Kuliah, Kini Sukses Berbisnis Dengan Omzet Miliaran

Persyaratan di atas apabila sudah terpenuhi maka akan menampilkan menu seleksi UTBK-SNBT di SIM KIP Kuliah.

Cara Mendaftar KIP Kuliah Merdeka 2023

  1. Siswa mendaftar melalui online di Sistem KIP Kuliah dengan mengunjungi laman http://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/.
  2. Isi data yang diminta dengan benar. Data yang diinputkan antara lain NIK, NISN, NPSN, alamat email yang valid dan aktif.
  3. Menunggu proses validasi NIK, NISN, NPSN dari Sistem KIP Kuliah. Proses validasi akan memberikan informasi apakah layak memperoleh KIP Kuliah atau tidak.
  4. Apabila dinyatakan layak, Sistem KIP Kuliah akan mengirim Nomor Pendaftaran dan Kode Akses di alamat email yang sebelumnya telah didaftarkan.
  5. Mendaftar KIP Kuliah dan pemilihan jalur seleksi yang diikuti. Dalam hal ini yakni UTBK-SNBT.
  6. Selesaikan proses pendaftaran UTBK-SNBT.
  7. Jika sudah diterima di perguruan tinggi, siswa harus menunggu proses verifikasi lebih lanjut oleh kampus tujuan sebelum diusulkan sebagai calon mahasiswa penerima KIP Kuliah.

Selama proses pendaftaran UTBK-SNBT, sistem SNPMB UTBK-SNBT dan KIP Kuliah akan mengadakan proses sinkronisasi. Proses ini mulai tanggal 23 Maret – 14 April 2023.

Sebaiknya pendaftaran KIP Kuliah Merdeka di jalur seleksi UTBK-SNBT jangan ditunda untuk meminimalisir kendala misalnya gangguan jaringan internet. Semoga berhasil, ya!

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion

Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *