Connect with us

Inspirasi

Dijamin Berhasil! Berikut 3 Tips Lolos UTBK tahun 2023 yang Perlu Diketahui

Published

on

Screenshot_20230508-121302-aee3abe1

Tips lolos UTBK tahun 2023 menjadi salah satu topik yang banyak dicari oleh para siswa lulusan SMA dan SMK di internet. Hal itu wajar mengingat tepatnya hari ini Senin 8 Mei 2023 Ujian Tulis Berbasis Seleksi Nasional Berdasarkan Tes tersebut resmi digelar.

Meskipun saat ini UTBK tahun 2023 sudah resmi digelar, namun tetap saja Anda perlu mengetahui tips lolos ujian tersebut. Pasalnya menurut berbagai sumber ujian UTBK SNBT tahun 2023 itu akan digelar dalam dua gelombang, yakin untuk gelombang pertama akan diselenggarakan pada tanggal 8 – 13 Mei  2023. Sedangkan untuk gelombang kedua akan diselenggarakan pada tanggal 22 – 24 Mei 2023.

Itu artinya bagi Anda yang  mendapatkan jadwal tes di gelombang 2 masih memiliki banyak waktu untuk mempersiapkan diri. Di mana salah satu caranya yaitu dengan mengetahui tips lolos UTBK tahun 2023 itu. Lantas apa saja tips agar bisa lolos dalam Ujian Tulis Berbasis Seleksi Nasional Berdasarkan Tes UTBK SNBT tersebut?.

Tips Lolos UTBK Tahun 2023 yang perlu Diketahui

Untuk Anda yang ingin melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi negeri di Indonesia, maka mau tidak mau harus mengikuti tes UTBK terlebih dahulu. Hal itu dikarenakan tes UTBK  menjadi salah satu persyaratan yang wajib dilalui ketika ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi tersebut. Namun sayangnya untuk bisa lolos tes UTBK itu tidaklah semudah mengembalikan telapak tangan dikarenakan saingannya bukan hanya berasal dari satu kota saja melainkan berbagai wilayah yang ada di Indonesia. Oleh karena itu agar nantinya Anda bisa lolos penting untuk mengetahui tipsnya terlebih dahulu. Adapun beberapa Tips lolos UTBK tahun 2023 yang perlu diketahui seperti berikut ini.

Baca Juga  Dibuka Pendaftaran KIP Kuliah UTBK 2023, Cek Infonya

1. Melakukan Riset Tentang Jurusan

Tips lolos UTBK tahun 2023  pertama yaitu Anda perlu melakukan riset terlebih dahulu mengenai jurusan dan PTN yang menjadi targetmu. Dalam hal ini untuk memulai riset Anda hanya perlu memetakan terlebih dahulu kampus tujuan yang dijadikan prioritas pilihan. Setelah itu perhatikan tren minat dari jurusan incaran di kampus itu misalnya daya tampung, jumlah peminat dan banyaknya mahasiswa yang diterima di tahun sebelumnya. Bukan hanya itu saja namun Anda juga perlu memperkirakan peluang lolos UTBK tahun 2023 itu apakah lebih besar dari PTN lainnya atau tidak. Jika sudah berhasil memperkirakannya, maka tahap selanjutnya yaitu membandingkan peluang lolos di jurusan dan PTN yang Anda jadikan pilihan kedua.

2. Mengevaluasi Kesiapan Diri

Tips lolos UTBK tahun 2023 berikutnya yaitu Anda perlu mengevaluasi kembali terkait kesiapan diri sendiri. Apabila dalam hal ini ada materi yang dirasa belum berhasil dikuasai dengan baik dan benar, maka masih ada peluang untuk terus melatihnya dengan cara memperbanyak membaca dan mengerjakan soal-soal UTBK  tahun sebelumnya. Nantinya setelah selesai melakukan evaluasi tes try out yang sudah berhasil dikerjakan, maka Anda bisa mencoba untuk mengkolaborasikan seluruh bahan materi yang hendak dipelajari tersebut. Dengan begitu nantinya akan lebih mudah untuk mengerjakan tes UTBK.

3. Membuat jadwal untuk Mereview Materi

Membuat jadwal untuk mereview materi juga termasuk ke dalam tips lolos UTBK tahun 2023 yang bisa Anda coba. Membuat jadwal mereview materi ini tentunya sangatlah penting untuk dilakukan. Hal itu bertujuan agar nantinya Anda bisa belajar dengan lebih teratur dan efektif. Dengan begitu tidak akan membuang waktu dan tenaga yang sudah dimiliki.

Baca Juga  Dibuka Pendaftaran KIP Kuliah UTBK 2023, Cek Infonya

Apa Saja Dokumen yang Wajib dibawa Untuk Mengikuti UTBK tahun 2023 Itu?

Setelah Anda mengetahui tips lolos UTBK tahun 2023, maka tahap selanjutnya yaitu mempersiapkan dokumen apa saja yang wajib dibawa untuk mengikuti tes tersebut. Adapun beberapa dokumen yang perlu dipersiapkan seperti berikut ini.

  • Kartu peserta UTBK tahun 2023.
  • Kartu identitas berupa KTP, paspor maupun kartu pelajar.
  • Fotokopi ijazah yang sudah dilegalisir untuk peserta lulusan tahun 2021 dan 2022.
  • SKL untuk peserta yang baru lulus di tahun 2023 ini.

Demikianlah ulasan singkat tentang tips lolos UTBK tahun 2023 yang perlu Anda ketahui.

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion

Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *