Connect with us

Info Regional

Kereta Api Makassar-Parepare Tahap Uji Coba Terbatas

Published

on

Kereta Api Makassar - Parepare [suara]
Sumber gambar : Kereta Api Makassar - Parepare [suara]

Bindo.id, Sulawesi – PT Kereta Api Indonesia (Persero) terus mempersiapkan pengoperasian sarana kereta api (KA) Makassar-Parepare yang saat ini di tahap uji coba terbatas.

Dilansir dari laman resmi KAI, Selasa (31/1/2023), Kereta Api Makassar-Parepare masuk pada Proyek Strategis Nasional (PSN). Dalam hal ini KAI bekerjasama dengan PT Sulsel Citra Indonesia (Perseroda) yang diberi nama Konsorsium KA Sulsel. Kerjasama ini bertujuan untuk mengadakan KA perintis lintas Makassar-Parepare.

Penugasan ini sesuai dengan penunjukan oleh Kementerian Perhubungan Direktorat Jenderal Perkeretaapian kepada Konsorsium KA Sulsel berdasarkan Surat Nomor: 153/LLA.KA/VI/2022 tanggal 27 Juni 2022.

“KAI siap menjalankan amanah yang diberikan oleh Pemerintah dalam menjalankan transportasi KA yang aman, efisien, dan ramah lingkungan di Sulawesi Selatan,” tutur VP Public Relations KAI Joni Martinus.

Adanya layanan Kereta Api di luar Pulau Jawa dan Sumatera adalah bentuk pemerataan pembangunan yang diterapkan oleh Pemerintah. KAI siap menyediakan layanan angkutan Kereta Api yang aman dan nyaman untuk masyarakat Sulawesi Selatan melalui Konsorsium Kereta Api Sulsel.

KAI juga sudah meneken Nota Kesepahaman dengan Universitas Hasanuddin (Unhas) pada 3 Juni 2022. Nota Kesepahaman tersebut berkaitan tentang Penelitian dan Pengembangan Ilmu Pengetahuan serta Pendidikan dan Pelatihan Sumber Daya Manusia.

Kolaborasi antara KAI dan Unhas bertujuan untuk mengadakan kajian, studi, dan evaluasi yang dibutuhkan agar dapat memastikan Kereta Api bisa beroperasi secara berkelanjutan di Sulawesi Selatan.

Diharapkan KAI dapat beroperasi secara berkelanjutan dari segi angkutan penumpang maupun barang. Pembangunan Kereta Api di Sulawesi Selatan saat ini telah terbangun sekitar 110 kilometer yang terbentang dari Kabupaten Maros hingga perbatasan Kabupaten Barru. Sedangkan yang sudah beroperasi yaitu angkutan penumpang yang sedang diuji coba terbatas di lintas Garongkong hingga Mangilu.

Baca Juga  Mulai Hari Ini, Tiket Kereta Api H-2 Lebaran Sudah Bisa Dibeli

Proyek Kereta Api Makassar-Parepare adalah bagian dari jaringan Kereta Api Trans-Sulawesi yang dapat menghubungkan Makassar hingga Manado.

KAI saat ini sedang menyiapkan sarana yaitu 2 rangkaian kereta penumpang dan sumber daya manusia. Tujuannya yaitu untuk memberikan dukungan pengoperasian kereta tersebut misalnya masinis, Customer Service on Train, dan teknisi Kereta Api.

Advertisement

Jalurnya sedang dibangun oleh Pemerintah melalui Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan dan PT Celebes Railway Indonesia menjadi operator prasarana secara paralel.

“Penugasan untuk mengoperasikan KA Makassar-Parepare ini merupakan amanah yang penting karena jalur ini merupakan pembuka transportasi KA kawasan Indonesia Timur yang pertama,” tandas Joni.

Sumber : Masuk PSN, Kesiapan Operasional KA Makassar-Parepare Terus Dikebut

Trending