Connect with us

Info Regional

Dampak Longsor Menyebabkan Truk Pengangkut Sampah Antre Masuk TPA Burangkeng

Published

on

Ilustrasi Antrean Truk Pengangkut Sampah di TPA Burangkeng [fokusindosiar]
Sumber gambar : Ilustrasi Antrean Truk Pengangkut Sampah di TPA Burangkeng [fokusindosiar]

Bindo.id, Bekasi – Puluhan truk pengangkut sampah tampak berjejer sedang mengantre panjang di jalan masuk TPA Burangkeng yang berlokasi di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

Sampah belum dapat dibuang pasca longsor yang terjadi di TPA tersebut. Lebih dari 80 truk dengan muatan penuh sampah tampak masih mengantre panjang agar dapat masuk ke TPA Burangkeng, Jum’at (27/1/2023) pagi.

Biasanya truk dapat membuang sampah sebanyak dua kali, namun kali ini mereka hanya dapat melakukan bongkar muat satu kali. Itupun mereka harus rela untuk mengantre selama berjam jam. Antrean tersebut telah terjadi sejak hari Rabu pasca terjadinya longsor gunungan sampah yang beratnya diperkirakan mencapai ribuan ton.

TPA Burangkeng yang digunakan sejak tahun 2020 mempunyai luas 9,5 hektar. TPA tersebut digunakan untuk menampung sampah yang berasal dari 23 kecamatan yang berada di Kabupaten Bekasi.  Kondisi tempat penampungan sampah di TPA tersebut dianggap telah melebihi kapasitas. Diperkirakan ketinggian sampah hampir mencapai 20 meter.

“Tadi ngantre dua jam di jalan tol yang lagi dibangun itu, ni ngantri lagi sudah sejam-an. Ngantri nanti hingga buang bisa tiga jam lebih,” kata Kasim, sopir truk sampah yang berasal dari Cibitung, dilansir dari situs www.beritatrans.com , Kamis (26/1/2023).

Warga yang berada di Kawasan TPA, sebelumnya sudah melakukan koordinasi bersama pengelola TPA agar antrean truk bermuatan sampah di pemukiman masyarakat tak terjadi. Sebab sampah, air sampah, bahkan belatung yang sering menetes dan terjatuh di area yang dekat dengan pemukiman.

Nanda Samsudin yang merupakan salah satu warga di Kampung Jati menuturkan pihaknya telah mengkoordinasikan masalah tersebut dengan pengelola TPA. Kampung Jati merupakan salah satu tempat yang menjadi akses keluar masuknya truk sampah di TPA Burangkeng.

Baca Juga  Sempat Lonsor, Kini Jalur Sukatani - Ciganea Sudah Bisa Dilalui KA dengan Kecepatan Terbatas

“Kita telah berkoordinasi dengan pengelola TPA, agar masyarakat tidak terlalu dirugikan tentang masalah sampah di jalan umum. Sebelumnya truk boleh lewat, tapi kalau bisa jangan ada antreanlah,” tutur Nanda.

Nanda mengungkapkan pihak pengurus warga sudah menyampaikan aspirasi mengenai keluhan masyarakat yang disebabkan oleh sampah dan juga antrean truk.

Sumber : Akibat Longsoran Sampah, Sopir Truk Antre Berjam-Jam di TPA Burangkeng

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion