Connect with us

Transportasi

Jelang Malam Tahun Baru Sejumlah Titik Di Bogor Macet

Published

on

Ilustrasi arus lalu lintas [bogor-kita]
Ilustrasi arus lalu lintas [bogor-kita]

Bogor, Bindo.id – Arus lalu lintas yang ada di kawasan wisata Puncak, Kabupaten Bogor, Jawa Barat kini mulai ada peningkatan kendaraan.

Kondisi ini terjadi saat menjelang momen perayaan malam tahun baru, Minggu pagi (31/12).

Kepadatan kendaraan terjadi dari arah Jakarta ke Cianjur ataupun sebaliknya. Kendaraan roda empat mendominasi mulai masuk di Jalan Raya Puncak Bogor.

“Saat ini jalur wisata Puncak terpantau ramai lancar dari kedua arah, baik dari arah Jakarta menuju arah Cianjur maupun sebaliknya,” ujar Briptu Maharani dilansir dari akun instagram @tmcpolresbogor.

Kondisi titik kemacetan juga mulai terjadi diantaranya di Simpang Megamendung, Simpang Pasar Atas Cisarua, ataupun Simpang Taman Safari.

“Kami menghimbau kepada seluruh masyarakat agar tetap tertib mematuhi peraturan lalu lintas. Utamakan keselamatan daripada kecepatan,” ujarnya.

Walaupun kondisi arus lalu lintas yang ada di kawasan wisata Puncak masih tampak ramai lancar. Akan tertapi, perlu dicatat bahwa sekitar jam 18.00 WIB malam, petugas akan menerapkan car free night atau malam bebas kendaraan.

Kendaraan yang melewati Puncak Bogor menuju ke Cianjur akan dialihkan pada dua rute alternatif.

Rute melewati Jonggol yaitu Cibubur, Cileungsi, Jonggol, Ciriu, Cikalong, Cianjur. Sedangkan rute melewati Sukabumi yaitu Ciawi, Cicurug, Cibadak, Kota Sukabumi, Cianjur.

2 Jalur Alternatif

Polri telah mempersiapkan 2 jalur alternatif lalu lintas yang berasal dari arah Jakarta menuju ke Bandung dan sekitarnya.

Kedua jalur ini dipersiapkan ketika malam bebas dari kendaraan bermotor atau car free night (CFN) yang berada di kawasan Puncak, Jawa Barat, saat malam Tahun Baru 2024.

“Kami menyiapkan rekayasa berupa dua jalur alternatif yang akan ke Cianjur dan Bandung,” ujar Juru Bicara Polri Kombes Pol A Maladi, Sabtu (30/12/2023).

Baca Juga  Polri Siapkan Rekayasa Lalu Lintas di Tol Jakarta-Cikampek Saat Libur Idul Adha 2023

Maladi menyebutkan dua jalur yang dipersiapkan untuk dilewati pengendara yakni jalur Cibubur-Cianjur yang melewati Jonggol dan jalur Ciawi-Cianjur yang melewati Sukabumi.

Di jalur pertama, pengendara akan diarahkan untuk melewati kawasan Cibubur, Cileungsi, Jonggol, Cariu, Cikalong, kemudian Cianjur.

Sedangkan di jalur kedua, para pengendara akan melewati rute Ciawi, Cicurug, Cibadak, Kota Sukabumi, lalu Cianjur.

“Dua jalur alternatif itu sudah siap saat diberlakukannya CFN nanti,” tutur Maladi.

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion