Connect with us

Transportasi

Kemenhub Latihan Bersama National Marpolex 2023 Dibuka di Pelabuhan Tanjung Priok

Published

on

Foto:istimewa/dok/bas

Jakarta, Bindo.id – Gelaran apel latihan bersama penanggulangan tumpahan minyak di laut atau yang lebih dikenal dengan Marine Poluttion Exercise (Marpolex) dibuka oleh Plt Dirjen Perhubungan Laut, Antony Arif Priyadi yang dilaksanakan di Terminal Penumpang Nusantara Pura 2 Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Kamis (19/10/2023).

Tahun ini, rangkaian kegiatan National Marpolex kembali diselenggarakan mulai tanggal 16-21 Oktober 2023 di wilayah Perairan Pelabuhan Tanjung Priok.

Dipilihnya Jakarta sebagai tempat National Marpolex 2023 bertujuan untuk menguji kesiapan unsur-unsur penanggulangan pencemaran di Jakarta, khususnya di wilayah Pelabuhan Tanjung Priok, serta meningkatkan koordinasi di lapangan bila terjadi insiden musibah di perairan yang berpotensi mengakibatkan pencemaran, kebakaran, hingga kondisi darurat yang mungkin mengancam nyawa manusia.

Seperti yang diutarakan oleh Plt Dirjen Perhubungan Laut, “Latihan Marpolex 2023 ini harus dilaksanakan dengan sungguh-sungguh sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan,” tegas Antony Arif Priyadi.

Sementara itu di latihan Marpolex tahun ini tidak hanya menerjunkan personil dan peralatan penanggulangan musibah pelayaran milik pemerintah, namun juga melibatkan sektor swasta, dalam hal ini adalah terminal khusus dan terminal untuk kepentingan sendiri, BUMN, hingga perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang penanggulangan pencemaran.(bas)

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion

Baca Juga  Jelang Angkutan Lebaran, Ditjen Hubla Pastikan Kelaiklautan Kapal Penumpang di Kepulauan Riau