Connect with us

Transportasi

Kemenhub Buka Gerai E-Pas Kecil Gratis di Kepulauan Seribu

Published

on

Foto:istimewa

Jakarta, Bindo.id – Kementerian Perhubungan cq Direktorat Jenderal Perhubungan Laut melalui Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas IV Kepulauan Seribu serta Pemerintah Daerah Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu membuka Gerai Nasional E-Pas Kecil 2023 secara Gratis.

Kegiatan ini berlangsung di wilayah Pulau Pramuka dan Pulau Panggang dari Rabu 11 Oktober 2023 hingga Jumat 13 Oktober 2023.

Kepala KSOP Kelas IV Kepulauan Seribu Mu’min mengatakan pembukaan Gerai Nasional E-Pas Kecil merupakan wujud komitmen untuk menyediakan pelayanan yang lebih baik dan meningkatkan keselamatan di laut.

“Salah satu langkah konkret dalam mewujudkan visi ini adalah dengan menyederhanakan proses pelayanan terkait surat tanda kebangsaan kapal berbendera Indonesia, khususnya untuk kapal berukuran di bawah GT7 salah satunya dengan penerbitan E-Pas Kecil menjadi salah satu inisiatif yang dijalankan,” katanya.

Kegiatan ini bertujuan untuk mempermudah pemilik kapal, termasuk nelayan, dalam proses sertifikasi kapal mereka dengan mendapatkan E-Pas Kecil.

E-Pas Kecil adalah tanda daftar kapal atau kebangsaan kapal berbasis elektronik yang wajib dimiliki oleh setiap pemilik kapal.

Dokumen ini tidak hanya memudahkan identifikasi asal kapal, tetapi juga menjadi langkah penting dalam memastikan keselamatan pelayaran.

“Dengan diadakannya kegiatan Gerai Nasional E-Pas Kecil 2023 ini bertujuan agar para pemilik kapal penangkap ikan, kapal barang maupun angkut berukuran di bawah GT7 lebih mudah pada pembuatan sertifikasi kapal mereka dalam bentuk E-Pas Kecil,” ungkapnya.

Gerai Nasional E-Pas Kecil 2023 ini melibatkan sejumlah kegiatan, termasuk pengumpulan dokumen pembuatan E-Pas Kecil, pengukuran kapal, serta pemberian Life Jacket secara simbolis kepada para nelayan di Kantor Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu, Pulau Pramuka.

Selain itu, peserta juga mendapatkan pemahaman tentang keselamatan berlayar, yang menjadi aspek penting dalam menciptakan pelayaran yang aman dan nyaman.

Baca Juga  SPSL Jaga Keberlanjutan Lingkungan dan Berdayakan Masyarakat Lewat Program Teman Nelayan

Mu’Min juga menekankan pentingnya pengawasan dan kepatuhan terhadap aturan yang berlaku dalam menjaga keselamatan dan kelaiklautan kapal.

Adapun kegiatan operasional kapal dan pelayanan di wilayah Kepulauan Seribu meliputi kapal besar, kapal penunjang maupun kapal kecil seperti kapal tradisonal atau kapal nelayan, sehingga harus terawasi terutama dalam pemenuhan aspek keselamatan dan kelaiklautan kapal yang berlayar.

“Karena dengan kesadaran akan pentingnya keselamatan di laut dan mematuhi aturan-aturan yang berlaku maka semua yang terlibat akan dapat menciptakan kondisi pelayaran yang aman, selamat, tertib serta nyaman,” ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Koordinator Status Hukum dan Sertifikasi Kapal Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas IV Kepulauan Seribu, Erikson S. Hutasoit selaku ketua pelaksana Gerai Nasional E-Pas Kecil 2023 melaporkan bahwa kegiatan ini berlangsung selama tiga hari dan tidak membatasi jumlah kapal yang dapat diukur.

“Kami berharap bahwa kegiatan ini akan dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh para pemilik kapal dan pelaku usaha jasa pelayaran untuk mendapatkan legalitas bagi kapal mereka,” imbuh dia.

Kemenhub dan semua pihak terkait terus berupaya meningkatkan keselamatan dan pelayanan di laut, serta memastikan bahwa setiap kapal berukuran GT 7 ke bawah mematuhi peraturan yang berlaku demi keamanan bersama.

Acara ini turut dihadiri sejumlah pejabat, termasuk Bupati Kepulauan Seribu yang diwakili Ekbang Kepulauan Seribu, Direktur Perkapalan dan Kepelautan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, Camat Pulau Pramuka, Lurah Pulau Pramuka, serta perwakilan dari Polres Pulau Seribu dan Danramil 04 Kepulauan Seribu, serta para nelayan Pulau Pramuka dan Pulau Panggang yang ikut serta dalam kesuksesan acara ini. (bas)

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion

Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *