Connect with us

Transportasi

Presiden Resmikan Tol Cisumdawu, Menhub: Permudah Aktivitas Bandara Kertajati

Published

on

Jalan tol Cipali Sumedang Dawuan (Cisumdawu) diresmikan oleh Presiden Joko Widodo, 2023.
foto:istimewa/bkip

Cisumdawu, Bindo.id – Presiden Republik Indonesia Joko Widodo didampingi Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri PUPR M. Basuki Hadi Moeljono, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri BUMN Erick Thohir dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meresmikan Tol Cisumdawu (Cileunyi, Sumedang, dan Dawuan), Jawa Barat, Selasa (11/7/2023).

Pada kesempatan tersebut Menhub menyampaikan, kehadiran Tol Cisumdawu dapat mempermudah akses serta mempersingkat waktu tempuh antara Bandara Kertajati dan Bandung.

“Dengan begitu, harapannya penerbangan di Bandara Kertajati akan meningkat,” ujar Menhub.

Dia menyampaikan apresiasi kepada seluruh pihak yang telah mendukung terselesaikannya hingga diresmikannya Tol Cisumdawu.

Saat meninjau Bandara Kertajati hari ini, Presiden Joko Widodo mengapresiasi peningkatan aktivitas penerbangan di Bandara Kertajati.

“Saya senang karena aktivitas di Bandara Kertajati sudah sangat baik. Sekarang telah digunakan untuk embarkasi haji, bandara embarkasi haji untuk kurang lebih 8 ribu jemaah dari tujuh kabupaten/kota di Provinsi Jawa Barat,” ujar Presiden.

Selain untuk embarkasi haji, bandara terbesar di Provinsi Jawa Barat ini juga telah melayani sejumlah penerbangan internasional.

Di antaranya penerbangan umrah empat kali seminggu dan penerbangan rute Kuala Lumpur-Kertajati sebanyak dua kali seminggu.

“Nantinya dimulai Oktober Bandara ini akan beroperasi secara penuh. artinya dari Bandara Husein Sastranegara akan digeser ke Kertajati utamanya untuk yang pesawat jet,” ungkap Presiden.

Dalam kesempatan tersebut, Presiden turut mengapresiasi minat investor dari beberapa negara yang akan berinvestasi di Bandara Internasional Kertajati.

Presiden mengatakan bahwa pemerintah akan segera memutuskan dan mempercepat proses investasi para investor tersebut.

“Kita putuskan nanti bulan Oktober agar yang mengoperasikan dan juga ikut dalam kepemilikan Bandara Kertajati kita harapkan traffic-nya, lalu lintasnya makin padat apabila ada investor luar yang bergabung di Bandara Kertajati ini,” ucap Presiden.

Presiden pun berharap sejumlah upaya yang telah dilakukan pemerintah untuk meningkatkan aktivitas penerbangan di Bandara Internasional Kertajati dapat memberikan hasil terbaik.

Baca Juga  Menhub Tinjau Terminal Terpadu Pulo Gebang, Pergerakan Penumpang Meningkat, Pelayanan Makin Baik

Apalagi, Jalan Tol Cisumdawu yang akan segera diresmikan dapat mempersingkat waktu tempuh antara Bandara Kertajati dan Bandung kurang lebih 1 jam. (bas)

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion