Connect with us

Transportasi

Posko Lebaran Resmi Ditutup, DAMRI Sukses Antarkan 1 Juta Lebih Pemudik

Published

on

Foto:istimewa/DAMRI

Jakarta, Bindo.id – Memasuki H+10 Lebaran sekaligus penutupan operasional Posko Angkutan Lebaran 2023 di Lingkungan DAMRI, tercatat mulai dari H-10 hingga H+10 Lebaran, DAMRI melayani sebanyak 1.052.500 penumpang.

Corporate Secretary DAMRI Akhmad Zulfikri menyampaikan terdapat pertumbuhan yang cukup signifikan dibandingkan dengan trafik pada Posko Angkutan Lebaran tahun lalu, yakni sebesar 40,1%. Dari 75 ribu trip perjalanan yang dioperasikan DAMRI selama periode Lebaran 2023 ini tercatat rute perjalanan jarak jauh yang diminati pelanggan adalah keberangkatan dari Jakarta menuju beberapa kota besar seperti Lampung, Surabaya, Malang, Yogyakarta, Banyuwangi, Wonosobo, juga rute dari dan menuju Lampung, hingga ke layanan batas negara Pontianak – Kuching.

Khusus untuk wilayah Jabodetabek sendiri, pada periode tersebut, tercatat lebih dari 30 ribu penumpang memadati keberangkatan dari Pool DAMRI Kemayoran, Stasiun Gambir, dan Pool DAMRI Bogor dan Botani Square.

Puncak arus mudik Lebaran 2023 terjadi pada 18 April 2023 (H-4 Lebaran) dengan pergerakan penumpang sebanyak 55.448 orang. Realisasi puncak arus mudik ini melampaui target, yakni sebesar 137,62% dari periode yang sama pada tahun lalu. Sedangkan untuk puncak arus balik Lebaran 2023 terjadi pada 1 Mei (H+8 Lebaran) dengan pergerakan penumpang sebanyak 55.882 orang. Realisasi puncak arus balik terjadi dua kali yakni pada H+2 sebanyak 53.018 penumpang dan H+8 sebanyak 55.882 penumpang.

Fikri menyampaikan apresiasi sebesar-besarnya kepada seluruh stakeholder yang telah mendukung dan menyukseskan layanan pada Angkutan Lebaran 2023 hingga berjalan lancar, aman, dan selamat.

“Apresiasi dan terima kasih kepada seluruh stakeholder, mulai dari Kementerian Perhubungan, Kementerian BUMN, TNI dan Polri, Pemerintah Provinsi, serta mitra kerjasama yang terlibat dalam penyelenggaraan angkutan lebaran ini, juga tidak kalah penting kepada pengguna jasa transportasi darat yang telah menjadikan DAMRI sebagai pilihan angkutan mudik tahun ini,” ujarnya, dalam keterangan resminya, Jum’at (5/5/2023). @

Apresiasi juga ditujukan kepada teman-teman media yang telah memberitakan situasi terkini kepada masyarakat luas, sehingga para pemudik dapat teredukasi dan mempersiapkan perjalanan mudiknya dengan baik.

Baca Juga  Hari Terakhir! DAMRI Promo Khusus Spesial Hari Kasih Sayang

“Media berperan besar mendukung layanan angkutan lebaran khususnya dalam memberikan fakta dan informasi terkini seputar arus mudik dan arus balik, baik melalui online, cetak, maupun elektronik,”

Sinergi dan koordinasi kepada para stakeholder juga terus dilakukan DAMRI dengan optimal, untuk memastikan kelancaran pada layanan angkutan-angkutan lainnya, seperti angkutan haji yang sebentar lagi akan dioperasikan DAMRI, hingga angkutan Natal dan Tahun Baru mendatang.(bas)

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion