Connect with us

Transportasi

Para Pejabat Negara Kunjungi Stasiun Pasar Senen, KAI Komitmen Berikan Layanan Terbaik

Published

on

Menteri BUMN tinjau penumpang kereta api

Jakarta, Bindo.id – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Republik Indonesia (Menko Polhukam) Mahfud MD, Menteri BUMN Erick Thohir dan Dirjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan RI Mohamad Risal Wasal mengunjungi Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat, pada Selasa (18/4/2023).

Kunjungan ini dalam rangka mengecek layanan perkeretaapian pada periode mudik Lebaran. Pada hari yang sama, namun pada kegiatan yang berbeda, Gubenur Jawa Tengah – Ganjar Pranowo juga mengunjungi Stasiun Pasar Senen.

Dalam kunjungan ini, para pejabat tersebut melakukan peninjauan fasilitas-fasilitas dan pelayanan di stasiun, melihat kondisi stasiun, serta menyapa para pemudik. Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo turut mendampingi serta memberikan pemaparan dan laporan terkait update layanan di Stasiun Pasar Senen dan KAI secara umum.

Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo menyampaikan hari ini (Selasa, 18/4) Stasiun Pasar Senen memberangkatkan sebanyak 32 kereta api dengan total penumpang sebanyak 23.699 orang penumpang. Kemudian di Stasiun Gambir juga diberangkatkan sebanyak 38 kereta api dengan jumlah penumpang sekitar 17.677 orang penumpang (berdasarkan data tgl 18 April 2023, jam 15:30 WIB.

“Untuk itu saya mengimbau kepada masyarakat untuk membuat perencanaan sebaik mungkin, pertimbangkan juga kemacetan yang ada. Jangan sampai telat karena kereta akan jalan tepat waktu. Tingkat ketepatan waktu kereta kita sekarang sudah 99,6%,” ujar Didiek.

Didiek berkomitmen memberikan layanan terbaik kepada pelanggan di momen Angkutan Lebaran 2023 ini melalui persiapan yang matang serta peningkatan pelayanan di berbagai aspek. Tujuannya, agar masyarakat dapat menikmati perjalanan ke kampung halaman dengan kereta api yang aman dan berkesan.

Menko Polhukam Mahfud MD mengapresiasi KAI dengan menyebut pelayanan yang diberikan KAI untuk mudik Lebaran tahun ini sudah sangat baik. Mahfud juga mengatakan bahwa standar keamanan dan kenyamanan bagi pemudik yang menggunakan moda transportasi kereta api juga terjamin, baik pada kereta kelas eksekutif, bisnis, ataupun bisnis.

Baca Juga  Puncak Arus Mudik Diprediksi 19-21 April, Polri Siapkan Sistem Oneway

Adapun Menteri BUMN Erick Thohir ingin memastikan seluruh layanan angkutan mudik oleh BUMN berjalan dengan baik, aman, dan nyaman bagi masyarakat. Khususnya, kereta api sebagai salah satu solusi angkutan mudik yang tepat dan cepat sebagai alternatif bagi para pemudik, dibanding menggunakan kendaraan pribadi.

Pada kesempatan yang sama, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo juga turut mengunjungi Stasiun Pasar Senen dalam rangka melepas keberangkatan mudik gratis kereta dengan rute Jakarta-Kutoarjo. Selain membantu masyarakat membutuhkan pulang kampung, Ganjar menyebut mudik gratis pakai kereta api ini juga bertujuan untuk mengurai kemacetan di jalan raya.

Adapun pada Minggu (16/4), Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) I Gusti Ayu Bintang Darmawati, juga mengunjungi Stasiun Pasar Senen. Kunjungan Menteri Bintang kali ini untuk mengecek fasilitas di stasiun khususnya untuk perempuan dan anak-anak.

Setelah melihat-lihat fasilitas di Stasiun Pasar Senen, Menteri Bintang menilai, secara umum fasilitas di stasiun tersebut telah memenuhi standar ramah perempuan dan anak-anak. Adapun fasilitas itu diantaranya, ruang bermain anak, ruang laktasi hingga ruang pemeriksaan kesehatan.

“Kami menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada KAI yang kalau kita standarisasi yang kita harapkan untuk bisa memberikan mudik yang aman nyaman dan ramah perempuan dan perlindungan anak secara umum itu sudah dipenuh,” ujarnya.(bas)

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion