Connect with us

Transportasi

Cegah Penumpukan, Polisi Bakal Evaluasi Regulasi Pengunjung Wisata Puncak

Published

on

Menunggu giliran One Way di Jalan Raya Puncak, Bogor

Bogor, Bindo.id – Kapolda Jawa Barat (Jabar) Irjen Akhmad Wiyagus meninjau Pos Pengamanan (Pospam) di Simpang Gadog, Kabupaten Bogor. Peninjauan dilakukan untuk melihat hasil kerja petugas kepolisian.

“Hari ini Pak Kapolda melihat bagaimana hasil kerja yang sudah dilaksanakan. Memang kemarin cukup capek anggota bekerja. Beliau mengapresiasi bahwa anggota sudah cukup melaksanakan cara bertindak yang cukup baik sehingga bisa mengurai kemacetan,” kata Kabid Humas Polda Jabar Kombes Ibrahim Tompo di Simpang Gadog, Bogor, Rabu (26/4/2023).

Berdasarkan hasil evaluasi bersama, diketahui kawasan Puncak menjadi destinasi wisata bagi masyarakat. Hal itulah yang membuat terjadi penumpukan di sepanjang jalur Puncak.

“Jadi memang ini juga terkait dengan otoritas yang dilaksanakan masyarakat sendiri atau keputusan yang diambil masyarakat. Di mana memang daerah-daerah wisata seperti Ciawi ini menjadi ikon,” terangnya.

“Sehingga masyarakat sampai menumpuk ke area tersebut. Akhirnya menjadi kemacetan di arus lalu lintas,” tambahnya.

Ibrahim mengatakan salah satu cara yang bisa dilakukan untuk meminimalkan kemacetan di Puncak ke depannya adalah dengan membuat regulasi jumlah pengunjung. Hal itu agar tidak terjadi penumpukan di tempat wisata.

“Mungkin evaluasi ke depan, bisa kita lakukan pengaturan sehingga ada regulasi jumlah pengunjung yang tidak terlalu memadat dengan kondisi itu. Sehingga bisa menyesuaikan dengan kepadatan yang terjadi di area wisatanya,” pungkasnya.

Sementara itu, Dirregident Korlantas Polri Brigjen Pol Yusri Yunus dalam pantauannya di Pospol Gadog memastikan kondisi arus lalu lintas di kawasan Puncak Bogor Jawa Barat terkendali. (bas)

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion

Baca Juga  Polri dan Dewan Pers Sosialiasi Perlindungan Kemerdekaan Pers