Connect with us

Transportasi

Jelang Angleb 2023, KSOP Tanjung Balai Karimun Mulai Uji Petik Kapal

Published

on

Foto:istimewa
Foto:istimewa

Tg. Balai Karimun, Bindo.id – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Laut – UPT KSOP Kelas 1 Tg. Balai Karimun Kepri mulai melakukan uji kelaiklautan kapal-kapal penumpang di pelabuhan.

Hal ini sebagai bagian dari persiapan keselamatan transportasi jelang pelaksanaan masa Angkutan Lebaran (Angleb) 2023. Uji kelaiklautan kapal menurut Kepala KSOP Tg Balai Karimun Jon Kenedi, dilakukan guna memastikan keadaan kapal.

“Apakah telah memenuhi persyaratan keselamatan, pencegahan pencemaran perairan, kesejahteraan awak kapal dan kesehatan penumpang, hingga status hukum kapal dan Sertifikasi Kapalnya,” tutur Jon di Karimun, Selasa (21/2/2023).

Pengujian dilakukan mengacu pada Instruksi Direktur Jenderal Perhubungan Laut Nomor IR-DJPL 1 Tahun 2023 pada 8 Februari 2023 tentang Uji Kelaiklautan Kapal Penumpang Angkutan Lebaran Idul Fitri 1444 H Tahun 2023.

Dalam instruksinya Direktur Jenderal Perhubungan Laut Kemenhub Arif Toha mengatakan, pelaksanaan uji kelaiklautan kapal penumpang dilakukan sepanjang 8 Februari sampai 20 Maret 2023.

“Uji petik diberlakukan pada kapal rute domestik seperti Kapal Sabuk Nusantara 48 dan kapal yang melayani pelayaran Internasional Singapore dan Malaysia,” ungkapnya.

Pemeriksaan dan pengecekan kapal ini digelar untuk selanjutnya memperoleh Rekomendasi dari Marine Inspector terkait kelaiklautannya. Jon juga minta agar operator kapal selalu memperhatikan prakiraan cuaca dari BMKG. Kesehatan kru dan pelayar diperiksa oleh tim dari Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP).

“Kami ingin mewujudkan zero accident dalam pelayaran, untuknya kami ketat menjaga keselamatan dan keamanan pelayaran utamanya di wilayah kerja kami,” ulasnya.

Pihaknya juga bekolaborasi dengan Pemerintah Daerah, Dinas Industri, Dinas Perdagangan, Dinas Pariwisata, Dinas Perhubungan, dan Dinas-Dinas lainnya yang terkait untuk kelancaran angkutan Lebaran.

“Kami siapkan pelayanan prima dan bekerja dengan hati demi keselamatan dan keamanan pelayaran,” pungkas Jon.(bas)

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion

Baca Juga  KMP Royce 1 Terbakar, Kemenhub Kerahkan Kapal Patroli KPLP Evakuasi Penumpang