Connect with us

Info Nasional

Kapolri Ungkap Kasus Pesawat Susi Air Tak Ada Penyanderaan

Published

on

Ilustrasi pesawat susi air (kumparan)
Sumber gambar : Ilustrasi pesawat susi air (kumparan)

Jakarta, Bindo.id – Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengungkapkan tak ada penyanderaan pada peristiwa hilang kontak yang dialami oleh pesawat Susi Air.

Susi Air yang diberitakan telah terbakar bernomor registrasi PK-BVY sesaat setelah melakukan pendaratan di Bandara Paro, Nduga. Sempat diberitakan bahwa pilot pesawat Susi Air tersebut disinyalir telah disandera oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB).

“Tidak ada,” tutur Sigit di Hotel Sultan, Jakarta, Rabu (8/2/2023), ketika ditanya tentang adanya penyanderaan di peristiwa pesawat Susi Air di Nduga, Papua.

Sigit menuturkan Satuan Tugas (Satgas) Damai Cartenz sedang mengadakan pendalaman untuk mengevakuasi para penumpang pesawat. Dirinya juga menuturkan semua penumpang yang ada di pesawat Susi Air tersebut sudah dapat dilakukan evakuasi.

“Untuk penumpang saat ini semuanya sudah bisa diamankan sudah bisa dievakuasi,” tuturnya.

Panglima TNI Laksamana Yudo Margono mengatakan titik lokasi pilot sudah terdeteksi.

“Belum (ditemukan), tapi sudah terdeksi,” tutur Yudo.

Panglima TNI juga membantah tentang adanya insiden penyanderaan di kasus pesawat Susi Air. Yudo menuturkan pilot dan penumpang pesawat tersebut menyelamatkan diri.

“Enggak ada penyanderaan, dia (mereka) kan ini menyelamatkan diri,” ucap Yudo.

Pada keterangan terpisah, Panglima Kodam XVII/Cenderawasih Mayjen M. Saleh Mustafa memastikan bahwa KKB telah membawa pilot, Philips.

“(Pilot) Dibawa oleh kelompok EK (Egianus Kogoya),” ucap Saleh di pesan singkat, Selasa (7/2/2023).

Kepala Penerangan Kodam XVII/Cenderawasih Kolonel (Kav) Herman Taryaman menuturkan Global Positioning System (GPS) pesawat diprediksi sedang dibawa oleh KKB ke dalam hutan.

Diketahui, pesawat Susi Air tersebut hilang kontak sesaat setelah melakukan pendaratan di Bandara Paro, Selasa (7/2/2023).

Representative Susi Air Donal Fariz menuturkan awalnya pesawat tersebut hilang kontak pukul 06.17 WIT. Kemudian pesawat tersebut dilaporkan mengalami kebakaran. Donal menyebutkan pihaknya sedang melakukan pemeriksaan lebih lanjut kemungkinan adanya kendala teknis sehingga membuat pesawat jadi terbakar.

Baca Juga  Isi Surat KKB Yang Ditinggalkan Di TKP Pembakaran Pesawat Susi Air

“Posisi pesawat berada di runway dan kami sedang melakukan pemeriksaan, apakah terjadi kendala teknis di pesawat,” tutur Donal, Selasa (7/2/2023).

Ia yakin pesawat dengan pilot Philip Marthen (37) yang membawa penumpang sebanyak 5 orang tersebut tak terbakar karena pendaratan dilakukan dengan baik.

“Tapi, itu agak jauh dari dugaan kebakaran dan hal-hal teknis yang muncul dari pesawat itu sendiri, karena posisi mendarat dengan baik,” tutur Donal.

Sumber : Kapolri Sebut Tidak Ada Orang yang Disandera di Kasus Pesawat Susi Air

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion

Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *