Connect with us

Kesehatan

IDI Berikan Izin Silaturahmi dan Sholat Idul Fitri Tanpa Pakai Masker

Published

on

Ilustrasi Shalat Idul Fitri [bekasikab]
Ilustrasi Shalat Idul Fitri [bekasikab]

Jakarta, Bindo.id – Ikatan Dokter Indonesia (IDI) memberikan izin kepada masyarakat untuk mengadakan silaturahmi dan melaksanakan ibadah Salat Idulfitri tanpa memakai masker.

Ketua Umum PB IDI Adib Kumaidi mengungkapkan ada syarat yang harus dipenuhi saat mengadakan silaturahmi tanpa memakai masker. Adib mengatakan syaratnya yaitu kesehatan pengunjung dan orang yang dikunjungi dalam kondisi yang baik.

“Boleh kita silaturahmi dengan keluarga,” tuturnya, Selasa (4/4).

Adib Kumaidi menyampaikan agenda silaturahmi saat lebaran idul fitri 1444 H diperbolehkan. Dia berpesan agar baik pengunjung maupun yang dikunjungi saling menjaga kesehatannya.

Apabila kondisi kesehatan kurang baik, maka masyarakat diimbau agar tetap memakai masker. Dia berpendapat memakai masker merupakan salah satu upaya pencegahan penularan penyakit. Jika kondisi kurang sehat saat berkunjung pada orang-orang yang sudah tua dianjurkan tetap memakai masker. Hal ini untuk mengurangi risiko penyakit dapat menular.

Saat menjalankan ibadah Sholat Idul Fitri juga diperbolehkan tanpa mengenakan masker apabila tubuh kondisinya sehat. Akan tetapi, apabila ada gejala batuk dan pilek dianjurkan tetap memakai masker. Terutama pada lansia dan orang dengan komorbid.

“Boleh (Salat Idulfitri tanpa masker). Dengan syarat yang sama kalau kondisi kesehatan kita bagus, tidak ada batuk pilek ya kita enggak perlu pakai masker,” ucapnya.

Dia mengatakan jika ada gejala batuk pilek sebaiknya menggunakan masker.

“Orang tua, lansia, apalagi yang ada komorbid sebaiknya pakai masker,” ujarnya.

Hal ini demi menjaga diri sendiri dan juga menjaga agar tak menularkan penyakit kepada orang lain.

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion

Baca Juga  AstraZeneca Tarik Stok Vaksin Covid 19 Yang Beredar Di Seluruh Dunia