Connect with us

Destinasi

Putri Handayani Jadi Orang Pertama RI Yang Berhasil Jelajahi Kutub Selatan

Published

on

Dian Syahputri Fitri Handayani atau yang dikenal dengan Putri Handayani berhasil menjejakkan kaki di titik paling selatan bumi yakni di Kutub Selatan, Antartika [okezone]

Jakarta, Bindo.id – Dian Syahputri Fitri Handayani atau yang dikenal dengan Putri Handayani berhasil menjejakkan kaki di titik paling selatan bumi yakni di Kutub Selatan, Antartika.

Dirinya juga memiliki ambisi untuk melanjutkan penjelajahannya di kutub utara.

Putri merampungkan penjelajahannya ke Kutub Selatan pada tanggal 28 Desember 2023, jam 13.00 siang waktu Punta Arena, Cile.

Dirinya berjalan dengan memakai ski sambil menarik 30 kg sled dari latitude (Garis Lintang) 89°S ke 90°S. Dirinya juga berhasil menembus cuaca ekstrem maupun salju.

Putri menandai keberhasilan dirinya dengan mengibarkan Merah Putih dan bersanding dengan bendera negara-negara lainnya.

Pencapaian tersebut sekaligus menjadikan dirinya sebagai orang Indonesia pertama yang berhasil mencapai Kutub Selatan dengan berjalan memakai ski.

Kutub Selatan merupakan titik ekstrem ke-6 yang dijejaki oleh perempuan yang berasal dari Serdang, Sumatera Utara ini.

Sebelumnya dirinya telah berhasil mencapai 5 titik lainnya. Kelima titik tersebut yakni Gunung Kilimanjaro di Februari 2016, Gunung Carstensz Pyramid di Agustus 2016, Gunung Elbrus di Juli 2017, Aconcagua di Februari 2018, serta Denali di Juni 2022.

Andaikan dirinya mampu merampungkan perjalanan di Kutub Utara serta 3 puncak tertinggi dunia lainnya yakni Gunung Vinson Massif dan Gunung Everest, maka Putri akan masuk pada jajaran The Explorer’s Grand Slam.

Saat ini belum ada 100 orang berhasil meraih titel The Explorer’s Grand Slam.

Selama ini titel tersebut baru disandang oleh 73 orang. Ketujuh puluh tiga orang tersebut telah berhasil merampungkan perjalanan panjang dan mahal tersebut.

Dari jumlah tersebut, jumlah perempuannya tak lebih dari 30.

“Sungguh bersyukur bisa sampai ke titik ini. Apalagi setelah mengalami sendiri angin dingin yang ekstrem, berjalan tertatih-tatih dengan ski dan akhirnya sampai ke Ceremonial South Pole,” ujar Putri saat berada di gedung Kemenpora, Jumat malam (19/1/2024).

“Lelah, haru dan bangga, semua perasaan itu campur aduk, apa lagi kalau ingat belum pernah ada orang Indonesia yang sampai sini,” imbuhnya.

Putri, yang asalnya dari Perbaungan, Serdang Bedagai, Sumutera Utara tersebut memiliki keinginan untuk meraih grand slam.

Grand slam ini diperoleh usai merampungkan pendakian seven summit serta ditambah dengan perjalanan di titik Kutub Utara dan Selatan.

Alumni Kapa Fakultas Teknik Universitas Indonesia ini mengawali pendakian grand slam memakai dana pribadi serta hanya mengikuti pendakian massal terbuka.

Tak hanya sekadar mendaki gunung, Putri juga membuat sebanyak 70 ruang kelas yang berlokasi di kaki gunung yang ia daki.

“Kalau di Indonesia pasti di Papua. Saya berhenti pekerjaan di Dubai sebagai teknisi kontraktor minyak Schlumberger demi mewujudkan impian saya ini,” ujarnya.

Putri Handayani harus menyelesaikan 3 pendakian untuk masuk pada jajaran The Explorer’s Grand Slam.

Ketiga pendakian yang harus diselesaikan Putri yakni :

  1. Kutub Utara 90°N pada April 2024
  2. Gunung Vinson Massif pada Desember 2024
  3. Gunung Everest pada April-Mei 2025.

Berikut ini 6 Penjelajahan Putri Handayani yang sudah dirampungkannya untuk meraih The Explorer’s Grand Slam :

  1. Gunung Kilimanjaro pada Februari 2016
  2. Gunung Carstensz Pyramid pada Agustus 2016
  3. Gunung Elbrus pada Juli 2017
  4. Aconcagua pada Februari 2018
  5. Denali pada Juni 2022
  6. Kutub Selatan 90°S pada Desember 2023.

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion

Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *