Connect with us

Destinasi

Bus Wisata Gratis Rute Monas – Pantai Maju PIK Saat Libur Lebaran 2023

Published

on

Ilustrasi bus transjakarta [sinpo]
Ilustrasi bus transjakarta [sinpo]

Jakarta, Bindo.id – Masyarakat dapat naik bus gratis rute Monas-Pantai Maju PIK (Pantai Indah Kapuk) saat libur lebaran 2023. Bus ini baru dioperasikan oleh TransJakarta, Sabtu (22/4/2023).

Rute ini akan dibuka tiap hari sampai akhir April 2023. Rute Monas-Pantai Maju PIK ini beroperasi mulai Sabtu (22/4/2023) sampai Minggu (30/4/2023). Bus yang dioperasikan yaitu bus wisata BW9. Bus ini bertingkat dua dan memiliki atap tertutup.

Petugas Transjakarta Naomi menuturkan bus wisata dengan rute Monas-Pantai Maju dioperasikan untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat saat momen Lebaran 2023, Sabtu (22/4/2023).

“Ini kita uji coba dulu, kan momen libur Lebaran jadi kita coba rute baru,” tuturnya.

Rute ini nantinya akan dievaluasi lebih lanjut. Evaluasi yang diambil yaitu dari respons masyarakat dan euforia tentang rute baru ini.

Jadwal bus wisata gratis Monas-Pantai Maju PIK Saat Libur Lebaran 2023

Naomi menuturkan bus BW9 Monas-Pantai Maju PIK dioperasikan mulai jam 10.00-17.00 WIB. Akan tetapi, supaya tak ketinggalan, dirinya memberikan imbauan kepada calon penumpang agar datang antara jam 10.00 WIB, sekitar jam 13.00 WIB, dan sekitar jam 15.00 WIB.

“Sehari dua trip, ada tiga unit,” ucapnya.

Alasannya, Rute ke Pantai Maju jauh dan ini dioperasikan saat hari libur saja. Perjalanan yang ditempuh sekitar dua jam. Apabila tertarik untuk mencoba naik bus wisata tingkat ini, dapat mulai naik di titik awal Halte IRTI Monas. Titik awalnya yaitu di seberang Halte Balai Kota. Bus wisata BW9 ini pengunjung diwajibkan naik dari titik awal.

“Kita enggak lewat Sarinah, ke PIK (Pantai Indah Kapuk) itu lewat IRTI-Gambir-lanjut arah Tomang,” ucapnya.

“Di Gambir angkut penumpang, kalau ada. Tapi bagusnya dari (Halte) IRTI,” imbuhnya.

Baca Juga  Bus Transjakarta Bandara Soekarno-Hatta Gratis 1 Bulan, Cek Rute Dan Jam Operasional

Oleh sebab itu, penumpang sebaiknya naik dari Halte IRTI dan turun lagi di halte IRTI. Hal ini dilakukan untuk memberikan kemudahan aksesibilitas. Bus ini jumlahnya masih terbatas.

“Cuma kalau turun di Pantai Maju, dan mau naik bus wisata ini lagi, mungkin akan lama, karena perjalanannya juga lama, bus-nya juga terbatas,” ucap Naomi.

Apabil turun di halte Pantai Maju, dan tertinggal bus wisata, dapat tetap naik TransJakarta 1A. Sama dengan bus wisata lainnya, naik bus wisata BW9 tak terkena tarif apa pun alias gratis. Akan tetapi, calon penumpang diharuskan untuk tetap tap in dan tap out kartu uang elektronik saai menaiki bus ini.

“Bayarnya pakai e-Money, Flazz, kayak biasa, tidak mengurangi biaya saldo tapi harus pakai kartu,” ujarnya dilansir dari KompasCom.

Dirunya menyarankan sebaiknya tap in kartu kemudian langsung tap out agar penumpang turun tinggal turun.

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion