Connect with us

Bisnis

Gelar Penghargaan Program Sahabat FINATRA, UMKM: “Rangkaian Program Bantu Usaha Naik Kelas”

Published

on

Foto: istimewa/FIFGroup

Jakarta (Bindo.id) – Salah seorang pelaku Usaha, Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang berhasil masuk sebagai 5 UMKM Terbaik pada program Sahabat FINATRA menunjukkan antusiasmenya pada pagelaran Awarding Sahabat FINATRA yang diselenggarakan di Studio Lantai 11, Menara FIF, Jakarta.

Peserta yang merupakan UMKM pemilik merek Kain Indonesia, Shinta Paramarti, mengungkapkan rasa syukur atas pencapaiannya menjadi yang terbaik dengan memenangkan rangkaian program Sahabat FINATRA hingga meraih juara 1 berkompetisi dengan total 280 UMKM yang mendaftar pada program inkubasi tersebut.

“Saya sangat bersyukur atas kesempatan yang telah diberikan oleh FIFGROUP untuk dapat berpartisipasi di dalam Program Sahabat FINATRA tahun 2023. Terlebih apa yang sudah saya lakukan ternyata mengantarkan saya untuk menjadi juara pada program Sahabat FINATRA 2023 kali ini,” kata Shinta.

Menurut Shinta, program Sahabat FINATRA sangat membantu dalam pengembangan dan pertumbuhan usaha. “Jujur, program ini berbeda dari program inkubasi yang telah saya ikuti sebelumnya, program ini telah membantu saya melalui pembinaan yang didapat mulai dari bagaimana mengelola keuangan yang tepat, digital marketing, mengelola Supply Chian, dan masih banyak lagi,” kata Shinta.

Dalam penyelenggaraan program inkubasi tersebut, FIFGROUP melalui brand services-nya FINATRA menawarkan program pengembangan kompetensi berbasis mentoring dalam membantu peserta UMKM dalam mengidentifikasi kendala atau tantangan yang dihadapi hingga menemukan peluang yang dapat mendorong pertumbuhan pada bisnisnya.

Operation Director FIFGROUP, Setia Budi Tarigan, menuturkan dalam kata sambutannya bahwa program Sahabat FINATRA ini juga memberikan kesempatan besar kepada UMKM dalam memperoleh akses permodalan yang disediakan oleh FINATRA, di mana hal tersebut dapat dioptimalkan dalam melakukan ekspansi bisnisnya untuk mencapai target market yang lebih luas dan masif.

“Program inkubasi yang dihadirkan oleh FINATRA tersebut merupakan wujud dukungan FIFGROUP terhadap implementasi nilai-nilai keberlanjutan dengan mendukung Sustainability Development Goals (SDGs) nomor 8 tentang Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi,” kata Budi.

Baca Juga  Mantap! FIFGROUP Borong Tujuh Kategori pada PR INDONESIA Awards 2024

Peserta lainnya, yaitu UMKM pemilik merek Dunia Sabun, Ben Arghamulya, juga memberikan testimoninya pada saat dilakukan sesi interview. “Meskipun saya mendapatkan juara 2 pada program Sahabat FINATRA kali ini, saya merasa bersyukur karena usaha yang saya lakukan selama ini dipandang positif,” kata pria yang akrab dipanggil Ben.

“Hal utama yang paling membantu pengembangan bisnis saya pada saat mengikuti kegiatan ini adalah pembelajaran mengenai bagaimana kita mengelola supply chain dari hulu ke hilir yang ternyata berpotensi memberikan dampak positif yang signifikat terhadap pertumbuhan usaha saya,” kata Ben.

Senada dengan Ben, peserta dengan UMKM pemilik merek @Kudi.id, Caesa Ramadhanis, mengatakan salah satu bagian yang sangat berarti baginya adalah pada saat belajar mengenai bagaimana digital marketing dapat mendorong pertumbuhan usaha. 

“Saya memiliki usaha berbasis online shop, tentu pembelajaran digital marketing menjadi salah satu pengetahuan yang sangat membantu saya untuk dapat terus mengembangkan strategi marketing yang lebih besar,” kata Caesa.

Seluruh pemenang Program Sahabat FINATRA berhak mendapatkan apresiasi berupa hadiah uang tunai serta berkesempatan mendapatkan bimbingan mengenai Digital Marketing yang akan difasilitasi oleh FIFGROUP. Dengan demikian, pencapaian seluruh pemenang diharapkan dapat terus memotivasi sekaligus menginspirasi UMKM lainnya untuk dapat terus bertumbuh.

Program ini akan kembali dilaksanakan di tahun 2024 dengan menargetkan jumlah UMKM yang dapat terdampak lebih besar dibandingkan dengan saat ini. Melalui program ini, diharapkan FIFGROUP melalui brand service FINATRA dapat terus hadir bagi pertumbuhan UMKM Indonesia.(bas) 

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion