Connect with us

Teknologi

Tips Aman Gunakan Wifi Kafe Dan Bandara Yang Memiliki Resiko Keamanan

Published

on

Ilustrasi free Wifi di Kafe dan Bandara [freepik]

Jakarta, Bindo.id – Banyak orang yang bekerja di kafe atau bandara memanfaatkan adanya koneksi WiFi yang disediakan di sana.

Apabila kamu termasuk salah satunya maka perlu berhati-hati, sebab terdapat risiko keamanan ketika terkoneksi dengan WiFi di area publik.

Kaspersky telah melakukan penelitian tentang ini. Berdasarkan hasil penelitian, saat ini penjahat siber membuat jaringan Wi-Fi palsu atau melakukan penyusupan pada jaringan yang sudah ada.

Ada kemungkinan mereka akan memakai nama yang sangat mirip dengan jaringan yang asli. Hal ini dilakukan untuk mengelabui para pengguna supaya terhubung dengan jaringan palsu tersebut.

Setelah terkoneksi dengan jaringan tersebut, informasi pribadi diantaranya login media sosial, detail perbankan, maupun alamat email akan jadi rentan pada intersepsi serta penyalahgunaan.

Terdapat cara efektif yang bisa dilakukan oleh pengguna agar bisa melindungi diri serta memastikan data tetap aman.

Para ahli Kaspersky memberikan rekomendasi berikut ini untuk bisa mencegah risiko dunia maya :

  • Memakai jaringan Wi-Fi publik apabila benar-benar dibutuhkan saja sebab adanya potensi kerentanan keamanan.
  • Melakukan verifikasi keaslian jaringan dengan berkonsultasi dengan staf fasilitas. Hal ini dilakukan agar bisa membantu mencegah koneksi ke jaringan palsu yang kemungkinan dapat menangkap informasi pribadi.
  • Perhatikan halaman login jaringan Wi-Fi publik. Apabila meminta kredensial login lewat platform eksternal misalnya jejaring sosial, ini merupakan tanda peringatan. Permintaan itu bisa mengindikasikan adanya upaya phishing yang tujuannya untuk mencuri data informasi pribadi.
  • Menghindari transaksi yang sensitif ketika memakai Wi-Fi publik. Hindari situs web yang membutuhkan informasi login, terutama layanan keuangan ketika terhubung ke Wi-Fi publik. Hal ini bisa meminimalisir adanya risiko intersepsi data sensitif.
  • Meningkatkan privasi serta keamanan memakai VPN. Gunakan VPN ketika memakai Wi-Fi publik. Penggunaan VPN secara signifikan bisa meningkatkan privasi internet. VPN modern dapat melakukan enkripsi data serta melindungi aktivitas online dari akses yang tidak sah. Pemakaian VPN juga tak terlalu berpengaruh pada kecepatan internet. Tentunya VPN cocok dipakai secara terus-menerus.

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion

Baca Juga  Cara Terhindar Dari Penipuan QRIS Palsu