Connect with us

Teknologi

Google Akan Luncurkan Layanan Saingan Galaxy AI Maupun Apple Intelligence

Published

on

Sejumlah fitur baru Pixel 9 akan diluncurkan dalam waktu dekat [futurecdn]

Jakarta, Bindo.id – Sejumlah fitur baru Pixel 9 akan diluncurkan dalam waktu dekat.

Salah satunya yakni layanan berbasis kecerdasan buatan (AI) yang disebut Google AI.

Berdasarkan laporan Android Authority, Google AI adalah layanan yang serupa dengan Galaxy AI di ponsel Samsung maupun Apple Intelligence di iPhone.

Google AI akan menghadirkan fitur baru, termasuk fitur ‘Pixel Screenshots’. Fitur ini mirip seperti Microsoft Recall yang kontroversial.

Bagi yang belum familiar dengan fitur ini, Recall merupan fitur yang diumumkan Microsoft pada PC Copilot Plus. Fitur ini bisa menangkap seluruh aktivitas di perangkat pengguna serta memakai AI untuk mencari informasi secara cepat.

Namun fitur ini mendapat kritik sebab permasalahan privasi. Microsoft juga menunda peluncurannya

Pixel Screenshot yang dibuat oleh Google sedikit memiliki perbedaan dari Recall.

Deskripsi yang ditemukan Android Authority menuturkan Pixel Screenshot hanya akan memproses screenshot yang diambil oleh pengguna.

Dengan menggunakan fitur ini, pengguna dapat memanfaatkan AI untuk mencari screenshot serta merangkum isinya atau menjawab pertanyaan tentang informasi yang ada di dalamnya.

Google juga akan melakukan penyimpanan metadata diantaranya link, nama aplikasi, serta kapan screenshot diambil. Hal ini untuk memudahkan pencarian screenshot.

Pengguna bisa mematikan fitur Pixel Screenshot dengan cara klik tombol yang terdapat di Pengaturan.

Fitur Pixel Screenshot memakai on-device AI sehingga tak ada data yang dikirimkan ke cloud, seperti dilansir dari 9to5Google, Rabu (3/7/2024).

Google AI juga akan mempunyai fitur ‘Add Me.’ Berdasarkan deskripsinya, fitur kamera ini dapat membuat semua orang tampak di foto grup.

Fitur ini dinilai akan menjadi pelengkap fitur ‘Best Take’ yang telah tersedia pada Pixel 8 series.

Ada pula fitur ‘Studio’ yang merupakan nama baru aplikasi ‘Creative Assistant’ yang sebelumnya telah dirumorkan. Fitur ini memungkinkan para pengguna untuk membuat stiker serta gambar lainnya memakai AI.

Baca Juga  Kandidat Yang Kuasai AI Banyak Dicari Perusahaan Di Indonesia

Google akan mengenalkan Pixel 9 serta Google AI pada tanggal 13 Agustus mendatang.

Pixel 9 series dikabarkan akan hadir dengan 3 varian serta desain kamera belakang baru mirip seperti kapsul yang memiliki ukuran besar.

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion