Connect with us

Teknologi

Daftar Web yang Membayar Penulis Lepas dengan Harga Tinggi

Published

on

Ilustrasi situs yang membayar tulisan dengan harga tinggi. Sumber foto: Pexels/Pixabay
Ilustrasi situs yang membayar tulisan dengan harga tinggi. Sumber foto: Pexels/Pixabay

Web yang membayar penulis dengan harga tinggi sebenarnya cukup banyak. Namun, web seperti ini biasanya memiliki sistem kurasi yang ketat.

Langkah yang cukup penting untuk dilakukan sebelum mengirim ke web atau situs yang dituju adalah terlebih dahulu mempelajari tentang “tulisan seperti apa yang diinginkan oleh web tersebut”

Setelah mengetahui tentang tema, model bahasa, jumlah minimum dan maksimum kata, serta ketentuan-ketentuan lain yang menarik perhatian pemilik situs, barulah kita mengeksekusinya. Mengoptimalkan kemampuan agar bisa mencapai ekspektasi yang didinginkan oleh web target sasaran.

Web yang Membayar Penulis dengan Harga Tinggi

Setiap penulis tentu menginginkan hasil pemikirannya dibayar dengan harga yang layak. Syukur-syukur lebih dari kata layak. Namun, untuk mendapatkan hasil yang woah seperti ini tentu bukan sekadar karya tulis biasa. Melainkan memiliki keunikan, keistimewaan, dan sesuatu lainnya yang dianggap menarik dan layak mendapatkan harga jual yang tinggi.

Berikut adalah daftar web yang membayar penulis dengan harga tinggi. Selain bisa digunakan sebagai ajang untuk mendapatkan penghasilan tambahan, situs atau web ini juga bisa dimanfaatkan sebagai standar untuk mengukur kemampuan dan kualitas tulisan kita. Jika belum lolos kurasi, berarti memang masih banyak hal yang perlu kita pelajari lebih dalam lagi.

Mojok.Co

Daftar web yang membayar penulis dengan harga tinggi salah satunya Mojok.co. Motto dari situs ini adalah “sedikit nakal banyak akal” tema-tema yang disukai situs ini lebih kepada hal-hal yang berbau nyeleneh tetapi bermutu.

Ada beberapa rubik yang disediakan, diantaranya; Esai, liputan, kilas, konter, otomojok, malam jumat, movi, terminal, dan kanal pemilu.

Berdasarkan penjelasan dari situs Mojok.co tulisan yang lolos kurasi bisa mendapatkan honorarium mulai dari 225 ribu sampai dengan 525 ribu sesuai dengan rubiknya. Catatan, honor tersebut belum dipotong pajak ya.

Selain hal teknis terkait ketentuan kepenulisan, adapula syarat pengiriman naskah yang penting untuk diperhatikan. Seperti; mengirim KTP, NPWP, nama lengkap, alamat domisili, no hp, akun media sosial, foto diri, dan paling penting nomor rekening.

Basa-basi.co

Situs kedua yang terkategori mahal dalam membayar penulis adalah basabasi.co. Situs ini cocok untuk kamu yang menyukai dunia sastra. Seperti; cerpen, prosa, dan puisi. Walaupun terkesan lebih dominan dibidang sastra Basa-basi.co juga menyedikan rubik hibernasi atau artikel ringan.

Berdasarkan informasi yang didapatkan dari laman situs Basabasi.co, honor atau fee setiap tulisan berbeda-beda. Untuk cerpen feenya 300 ribu. Puisi 250.000, dan artikel ringan 100.00.

Kurasi yang diberlakukan oleh Basa-basi.co cukup ketat. Jadi, bisa dipastikan tulisan-tulisan yang lolos adalah tulisan yang berkualitas. Baik dari segi isi, bahasa, alur, dan lain sebagainya.

Geotimes

Berdasarkan informasi-informasi yang beredar dari beberapa web yang membahas tentang daftar situs yang membayar penulis dengan harga tinggi Geotimes sering masuk ke dalam daftar situs yang direkomendasikan. Kabarnya situs ini membayar penulis dengan harga 300 ribu untuk setiap tulisan yang lolos kurasi.

Dikutip dari situs Geotimes secara langsung, ketentuan-ketentuan yang harus diperhatikan agar lolos kurasi, diantaranya; membahas tentang isu-isu aktual maupun timelless, tulisan terdiri dari 750 kata hingga 1000 kata, argumentatif, tidak mengandung SARA, menyantumkan sumber jika memang ada referensi yang digunakan sebagai patokan membuat tulisan, dan lain sebagainya.

Kompasiana

Kompasiana merupakan salah satu situs yang terkategori besar. Untuk bisa lolos kurasi Kompasian sebenarnya cukup mudah. Sorotan utamanya adalah tulisan asli hasil karya sendiri bukan plagiasi.

Cara mendaftar di situs ini pun terbilang gampang. Tinggal melakukan registrasi, kemudian membuat tulisan dan mempublisnya.

Lalu bagaimana cara mendapatkan uangnya? Sebagian dari kalian pasti penasaran tentang hal ini. Bahkan yang pernah menulis tapi belum berpenghasilan akan menyangkal “Saya menulis di sana tapi juga tidak dapat uang”

Oke, hari ini mari kita sudahi kesalahpahaman ini. Untuk bisa mendapatkan uang dari Kompasiana terdapat beberapa syarat yang harus dipenuhi. Seperti; akun harus sudah terverifikasi, memenuhi jumlah minimum viewers, memenuhi jumlah minimum tayangan artikel, dan lain sebagainya yang bisa dicek secara langsung di situsnya.

Penulis-penulis yang telah memenuhi syarat-syarat di atas sudah bisa menikmati beberapa lembar merah yang konon katanya lebih dari kata cukup untuk nongki di cafe-cafe yang bergengsi.

Selain dari cara-cara di atas, ada juga jalur yang menarik untuk dicoba. Jika berhasil kita bisa berkibas-kibas bahagia menerima transferan uang jutaan rupiah. Yaitu dengan mengikuti event yang diselenggarakan oleh kompasiana.

Itulah 4 situs yang membayar tulisan dengan harga tinggi. Selain situs-situs yang telah disebutkan di atas, sebenarnya masih banyak lagi situs, web ataupun aplikasi bertebaran di dunia maya yang bisa digunakan sebagai ladang untuk mendapatkan pundi-pundi cuan.

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion

Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *