Connect with us

Sports

Kalahkan Ginting, Jonatan Christie Sukses Naik Podium Tertinggi Yonex All England Open 2024

Published

on

Jonatan Juara All England 2024 - pic PBSI-4f31197d

Olahraga, Bindo.id – Jonatan Christie sukses meraih gelar juara turnamen bergengsi Yonex All England Open 2024 di Utilita Arena Birmingham, Inggris, Minggu (17/3). Jonatan tampil apik mengalahkan rekan senegaranya, Anthony Sinisuka Ginting.

Di all Indonesian final tersebut, Jonatan menang dua gim langsung 21-15 dan 21-14 dalam waktu 55 menit. Sementara Ginting yang menjadi unggulan kelima di turnamen ini harus puas berada di posisi runner-up.

Melalui kemenangan Jonatan, Indonesia kembali menambah gelar juara tunggal putra di turnamen All England setelah penantian 30 tahun.

Sebelumnya, gelar juara sektor tunggal putra pada All England terakhir kali diraih oleh Hariyanto Arbi pada tahun 1994 silam.

Jalannya Pertandingan Gim Pertama

Di gim pertama, Ginting berusaha memainkan tempo cepat. Jonatan membalas dengan kombinasi pukulan. Mau tak mau, Ginting harus lebih banyak melakukan pergerakan dan akhirnya banyak melakukan kesalahan sendiri.

Jonatan berhasil merebut 5 poin beruntun hingga unggul 8-3. Kombinasi reli dan defense kuat membuat Jonatan mantap menutup jeda interval gim pertama dengan keunggulan 11-4.

Jarak poin sempat terpangkas menjadi 14-9 ketika Jonatan banyak melakukan kesalahan sendiri. Ia sempat gagal melakukan pengembalian bola dan menyangkut di net. Begitu pula saat pengembalian bola yang terlalu panjang ke belakang.

Ginting yang belum mau menyerah sempat membuat selisih poin tipis menjadi 15-17. Sayangnya, perolehan poin Ginting terhenti di angka tersebut.

Kesalahan sendiri, ditambah serangan-serangan apik Jonatan memaksa Ginting harus menyerah 15-21 di gim pertama.

Sempat Kejar Mengejar Poin di Awal Gim Kedua

Di awal gim kedua, persaingan ketat poin langsung terjadi. Ginting lebih dulu membuka dengan perolehan poin 2-0.

Jonatan membalas dengan melakukan banyak serangan yang lebih terarah. Hasilnya, ia mampu menyalip bahkan terus memimpin perolehan poin menjadi 10-6.

Baca Juga  Prestasi Manis! Fajar/Rian Pertahankan Gelar Juara Ganda Putra Yonex All England Open 2024

Sempat terjadi adu drive yang memukau di depan net dan menghentikan laju perolehan poin Jonatan. Selisih 9-10 untuk Ginting setelah dua pukulan lainnya dari Jonatan terlalu jauh keluar lapangan.

Ginting gagal mempertahankan momentum setelah sambaran di depan netnya membuat bola menyangkut. Jeda interval gim kedua ditutup dengan 11-9 untuk keunggulan Jonatan.

Lepas jeda, Jonatan tampil kian percaya diri dan mempertebal selisih poin menjadi 15-11.

Walaupun Ginting sempat mengejar 15-14, tetapi defense dan pengembalian bola yang akurat membuat Jonatan meraup 7 poin beruntun. Gim kedua kembali ditutup Jonatan dengan skor sangat meyakinkan 21-14.

Jonatan sukses mengunci gelar juara sektor tunggal Putra Yonex All England Open 2024 bagi Indonesia. Sekaligus, kemenangan ini menjadi gelar Super 1000 turnamen Superseries pertama dalam karirnya. Selamat, Jonatan Christie!

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion

Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *