Connect with us

Politik

Raih Posisi Ketiga, Caleg NasDem Mengundurkan Diri, Begini Tanggapan KPU

Published

on

Anggota KPU RI August Mellaz [rri]
Anggota KPU RI August Mellaz [rri]

Jakarta, Bindo.id – Anggota KPU RI August Mellaz menanggapi kabar pengunduran diri caleg NasDem di daerah pemilihan (Dapil) NTT II.

Caleg NasDem tersebut bernama Ratu Ngadu Bonus Wulla. Mellaz menuturkan pihaknya akan mengadakan pengkajian soal pengunduran diri Ratu Wulla.

“Disampaikan surat, ya tentu surat itu ditujukan kepada Ketua KPU tentu akan kami kaji, tapi tidak dalam rangka mengubah posisi pleno rekap kan, di situ,” ujar Mellaz, di Kantor KPU RI, Selasa (12/3/2024).

Mellaz menuturkan rekapitulasi KPU tidak ada kaitannya dengan adanya pengunduran diri caleg. Pada hal ini, pihaknya akan melakukan pengkajian kepada semua surat yang masuk.

“Gini, yang jelas, tadi memang sempat ada (penyampaian surat pengunduran diri). Tapi yang jelas kan tugasnya rekapitulasi nasional untuk membacakan formulir hasil rekapitulasi provinsi,” ujar Mellaz.

“Jadi kami menghitung itu semua. Jadi tidak ada kaitannya dengan ada surat pengunduran diri atau tidak. Tapi ketika di forum disampaikan surat, tentu surat itu ditujukan ke Ketua KPU, tentu akan kami kaji,” imbuhnya.

Dia menuturkan KPU mengadakan rekapitulasi dengan cara berjenjang. Mella menyebutkan publik bisa mengawal penghitungan suara melaluu platform yang telah tersedia.

“Hasil pemilu di satu provinsi yang merupakan rekapitulasi berjenjang dari tingkat kecamatan sampai tingkat provinsi untuk kemudian kita hitung di tingkat nasional,” ujar Mellaz.

“Partai politik itu kemudian suaranya berapa, setiap calon dapatnya berapa, calon DPD juga begitu, calon presiden wakil presiden termasuk jumlah DPT, pengguna surat suara, surat suara tidak sah, partisipasinya nanti akan semua kehitung,” sambungnya.

Hal itu juga disaksikan oleh saksi dari partai politik, dari peserta pemilu, termasuk juga para pengawas pemilu.

Baca Juga  Sirekap Diminta Audit, Ini Tanggapan KPU dan Bawaslu

KPU RI sudah mendapatkan surat pengunduran diri dari Ratu Ngadu Bonus Wulla. Namun pads dapil NTT II Ratu Wulla meraih posisi ketiga usai caleg Demokrat bernama Anita Jacoba serts politisi Golkar bernama Emanuel Melkiades Laka Lena.

Berikut ini 10 daftar caleg tertinggi yang di daerah pemilihan NTT II:

  1. Demokrat, Anita Jacoba sebanyak 131.396
  2. Golkar I, Emanuel Melkiades Laka Lena sebanyak 95.138
  3. NasDem 5, Ratu Ngadu Bonu Wulla sebanyak 76.331
  4. PDIP I, Yohanis Fransiskus Lema sebanyak 72.833
  5. NasDem 1, Viktor Bungtilu Laiskodat sebanyak 65.359
  6. Golkar II, Gavriel P. Novantono sebanyak 58.176
  7. PDIP II, Sterano Rizki Adrancus sebanyak 46.673
  8. PSI, Jane Natalia Suryanto sebanyak 46.055
  9. Gerindra I, Esthon L.Foenay sebanyak 43.115
  10. Gerindra II, Serena Cosgrova Francies sebanyak 38.882

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion