Connect with us

Politik

PPP dan PDIP Resmi Jalin Kerjasama, Mardiono Serahkan Ini Ke Megawati

Published

on

Plt Ketua Umum PPP Muhamad Mardiono dan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri mengadakan pertemuan di kantor DPP PDIP, Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (30/4) [jawapos]
Plt Ketua Umum PPP Muhamad Mardiono dan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri mengadakan pertemuan di kantor DPP PDIP, Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (30/4) [jawapos]

Jakarta, Bindo.id – Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) telah resmi melakukan kerjasama politik, Jakarta, Minggu (30/4/2023).

Pelaksana Tugas (Plt.) Ketua Umum PPP Mohamad Mardiono telah memberikan hasil rapat pimpinan nasional (rapimnas) kepada Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri.

Berdasarkan hasil rapimnas, PPP resmi mendukung Ganjar Pranowo menjadi calon presiden 2024. Penyerahan hasil rapimnas tersebut menjadi bukti resmi adanya kerjasama politik antara PDIP dengan PPP.

“(PPP) menyatukan diri dalam gerak kemenangan bersama dengan PDI Perjuangan,” ujar Hasto Kristianto.

Pada kesempatan tersebut juga dilakukan penyerahan hasil Rapimnas PPP dari (Plt.) Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan Bapak Mardiono kepada Ketua Umum PDI Perjuangan Ibu Megawati Soekarnoputri.

Usai penyerahan, acara kemudian dilanjutkan dengan doa yang dipimpin oleh politikus senior PPP yaitu KH Mustofa Aqil Siradj. Setelah pembacaan doa, Hasto menutup acara pertemuan kedua partai tersebut. Agenda selanjutnya yaitu sesi jumpa pers.

“PDI Perjuangan dan Partai Persatuan Pembangunan dalam rangka kerja sama partai politik untuk mengusung Bapak Ganjar Pranowo sebagai calon presiden untuk diperjuangkan bersama dan dimenangkan bersama pada Pemilu 2024, mohon izin ditutup,” ujar Hasto, dilansir dari tvonenews.

Pertemuan pimpinan kedua partai politik dan juga para pengurus pusat berlangsung selama 1 jam lebih. Mardiono beserta rombongan pengurus pusat PPP mendatangi Kantor PDIP. Mereka datang dengan berjalan kaki. Kantor mereka yang lokasinya bersebelahan yaitu di Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta.

Pada pertemuan tersebut, salah satu topik yang dibahas yakni pengukuhan kerja sama. PDIP dan PPP menjadi partai politik yang secara resmi telah mendukung Ganjar Pranowo agar maju menjadi capres di Pilpres 2024.

Baca Juga  Mahfud MD Jadi Pengajar Di Sekolah Hukum PDIP

Pertemuan tersebut merupakan pertemuan pertama kali diadakan oleh PDIP dan PPP untuk melakukan pembahasan pemenangan Ganjar Pranowo. Ganjar Pranowo saat ini masih aktif menjadi Gubernur Jawa Tengah. Dirinya diumumkan secara resmi menjadi capres dari PDIP pada tanggal 21 April 2023.

Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri memberikan pengumuman secara langsung saat Rapat DPP Partai Ke-140 Diperluas Tiga Pilar. Dalam rapat tersebut merupakan agenda konsolidasi internal dan silaturahmi Idul Fitri 1444 H. Rapat tersebut digelar di Istana Batu Tulis, Bogor, Jawa Barat. PPP menyatakan ikut mendukung Ganjar pada tanggal 26 April 2023. Pernyataan tersebut diumumkan oleh Mardiono di kediamannya yang berada di Kabupaten Sleman, DI. Yogyakarta.

Pendaftaran bakal calon presiden dan wakil presiden rencananya akan digelar pada tanggal 19 Oktober 2023 hingga 25 November 2023.

Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu (UU Pemilu)

Dalam undang-undang tersebut telah mengatur pasangan calon presiden dan wakil presiden diusulkan oleh partai politik atau gabungan partai politik peserta pemilu. Partai politik atau gabungan partai politik harus memenuhi persyaratan perolehan kursi minimal 20 persen dari jumlah kursi DPR atau mendapatkan 25 persen dari suara sah secara nasional di pemilu anggota DPR sebelumnya.

Saat ini, terdapat sebanyak 575 kursi yang ada di parlemen. Oleh sebab itu, pasangan calon presiden dan wakil presiden di Pilpres 2024 harus mempunyai dukungan paling sedikit 115 kursi dari DPR RI.

Pasangan calon juga bisa diusung oleh parpol maupun gabungan parpol peserta Pemilu 2019 yang jumlah total perolehan suara sahnya paling sedikit sebanyak 34.992.703 suara.

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion

Baca Juga  Mahfud MD Jadi Cawapres Ganjar Pranowo, Ini Alasan Megawati Memilihnya