Connect with us

Politik

Airlangga dan SBY Gelar Pertemuan Tertutup Di Cikeas, Bahas Apa?

Published

on

Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Airlangga Hartanto [merdeka]
Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Airlangga Hartanto [merdeka]

Jakarta, Bindo.id – Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto menggelar pertemuan dengan Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Sabtu malam (29/4/2023). Pertemuan Airlangga dan SBY berada di kediaman SBY, Cikeas, Bogor.

Wakil Ketua Umum Partai Golkar Nurul Arifin saat dikonfirmasi pada Sabtu pagi membenarkan adanya pertemuan antara Airlangga dengan SBY. Akan tetapi, Nurul belum menjelaskan agenda yang dibahas pada pertemuan antara Airlangga dan SBY. Kepala Badan Komunikasi Strategis Partai Demorat Herzaky Mahendra Putra juga belum memberikan penjelasan tentang agenda pertemuan ini.

Dilansir dari Kompas, Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Sekretaris Jenderal Teuku Riefky mendampingi SBY di pertemuan ini. Pertemuan ini diadakan secara tertutup. Konferensi pers tentang pertemuan akan dijelaskan oleh AHY dan Airlangga.

Saat ini pertemuan antartokoh politik semakin intens usai PDI Perjuangan deklarasikan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menjadi calon presiden 2024. Tak terkecuali dengan Airlangga. Dirinya menjadi tuan rumah pertemuan ketua umum partai politik anggota Koalisi Indonesia Bersatu (KIB). Mereka adalah Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan dan Plt Ketua Umum PPP Mardiono, Kamis (27/4/2023).

Keberlanjutan KIB menjadi tanda tanya usai PPP memilih Ganjar menjadi calon presiden, sedangkan Golkar tetap kukuh mengusung Airlangga. Akan tetapi, usai pertemuan di hari Kamis lalu, ketiga ketua umum partai politik yang tergabung dalam KIB menyatakan bahwa KIB tetap solid.

Disisi lain, Airlangga mengaku hubungan Partai Golkar dan Partai Gerindra kian dekat. Kedua partai ini disebut akan membuat sebuah koalisi Golkar.

Sebelumnya, Gerindra telah membentuk Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR). Gerindra membentuk KKIR bersama Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Prabowo juga sudah menemui Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar, Jumat (28/4/2023). Kedua pihak juga menyatakan KKIR semakin solid.

Baca Juga  Syarat Pilpres 2024, Bakal Capres dan Cawapres Harus Taat Bayar Pajak

Sedangkan Partai Demokrat saat ini telah tergabung di Koalisi Perubahan untuk Persatuan. Demokrat bersama Partai Nasdem dan Partai Keadilan Sejahtera mendukung Anies Baswedan menjadi capres 2024.

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion