Connect with us

Info Regional

Ada Munajat 212 Hari Ini, Polisi akan terapkan Rekayasa Lalu Lintas di Sekitar Monas

Published

on

Ilustrasi monas [kcic]
Ilustrasi monas [kcic]

Jakarta, Bindo.id – Munajat Kubro 212 dilaksanakan di Monas, Jakarta Pusat, hari ini Sabtu (2/12/2023).

Sejumlah ruas jalan menuju ke arah Monas akan ditutup serta lalu lintas akan dialihkan selama kegiatan ini berlangsung.

“Rekayasa lalu lintas sudah kita siapkan, tetapi sifatnya situasional,” tutur Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Latif Usman, Jumat (1/12/2023).

Latif mengimbau masyarakat yang tak memiliki kepentingan agar menghindari jalur menuju ke kawasan Monas. Karena sejumlah ruas jalan menuju ke Monas akan dipakai untuk lokasi parkir.

“Kami mengibau kepada masyarakat untuk menghindari kawasan Monas pada Sabtu, 2 Desember, karena akan dilaksanakan kegiatan Munajat Kubro,” ucap Latif.

Polda Metro Jaya sudah mempersiapkan beberapa kantong parkir untuk bisa menampung peserta Munajat 212. Penutupan lalu lintas dilakukan mulai Sabtu dini hari (2/12/2023).

“Iya, kita tutup. Karena mulai malam ini peserta aksi akan berdatangan,” ujarya.

Berikur ini rute pengalihan arus yang akan diterapkan di sekitar Monas:

1. Arus lalu lintas yang berasal dari Jalan Hayam Wuruk yang lurus ke Jalan Majapahit akan dibelokkan ke kiri yakni ke Jalan Juanda. Arus lalu lintas yang berasal dari Jl Veteran Raya yang belok kiri ke Jl Majapahit, akan diluruskan ke arah Jl Suryo Pranoto maupun dibelokkan ke kanan yakni di Jalan Gajah Mada.

2. Arus lalu lintas yang berasal dari Jalan Veteran Raya yang menuju ke Jalan Veteran III, akan diluruskan ke arah TL Harmoni

3. Arus lalu lintas yang berasal dari Jalan Veteran Raya yang menuju Jalan Veteran II, akan diluruskan ke arah TL Harmoni

4. Arus lalu lintas yang berasal dari Jalan Merdeka Timur yang menuju ke Jalan Medan Merdeka Utara, akan dibelokkan ke kanan yakni ke arah Jalan Perwira

5. Arus lalu lintas yang berasal dari Jalan Ridwan Rais yang menuju ke Jalan Medan Merdeka Selatan, akan diluruskan ke arah Jalan Medan Merdeka Timur

Baca Juga  Sejumlah Fakta Bentrokan Di Pasar Kutabumi, 3 Orang Jadi Tersangka

6. Arus lalu lintas yang berasal dari Jalan Abdul Muis yang belok kiri ke Jalan Budi Kemuliaan, akan diluruskan ke Jalan Fachrudin, sedangkan arus lalu lintas yang berasal dari Jalan Fachrudin yang belok kanan ke Jalan Budi Kemuliaan, akan diluruskan ke Jalan Abdul Muis

7. Arus lalu lintas yang berasal dari Jalan Abdul Muis yang menuju ke Jalan Museum akan ditutup.

Kegiatan Munajat 212 dilaksanakan di Monas pada hari ini, Sabtu (2/12/2023). Polisi menerjunkan ribuan personel demi melakukan pengawalan kegiatan tersebut.

“5.734 personel pengamanan 2 Desember 2023 di Monas,” tutur Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko, Kamis (30/11).

Panitia Tak Undang Capres dan Cawapres

Dalam acara Munajat 212 ini, dilaksanakan di Monas, Jakarta Pusat, dini hari mulai jam 03.00 sampai 09.00 WIB.

Acara ini akan diawali dengan salat tahajud, munajat, serta ada tausiah dari beberapa tokoh ulama.

Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) sudah memberi izin kegiatan Munajat 212 ini. Sekretaris Kemensetneg, Setya Utama telah menandatangani surat ini.

“Izinnya dari DKI, kami prinsip setuju dengan syarat tidak untuk kegiatan politik,” ujar Setya, Selasa (28/11).

Wakil Sekjen PA 212 Novel Bamukmin menuturkan Munajat 212 tak akan mengundang capres dan cawapres. Kegiatan tersebut murni memanjatkan doa untuk keselamatan NKRI serta Palestina.

“Kami pastikan tidak mengundang capres-cawapres mana pun,” ujat Novel, Rabu (29/11/2023).

“Karena ini acaranya munajat untuk keselamatan umat menjelang Pemilu 2024 dan juga untuk mendoakan saudara-saudara kita di Palestina,” imbuhnya.

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion