Connect with us

Info Regional

Pelindo Regional 2 Sunda Kelapa Gandeng KSOP Gelar Rakornas Bahas Peningkatan Pelayanan dan Penataan Pelabuhan

Published

on

Foto:istimewa

GM Pelindo Regional 2 Sunda Kelapa, Agus Edi Santoso bersama Kepala KSOP Sunda Kelapa, Aries Wibowo

Jakarta, Bindo.id – GM Regional 2 Sunda Kelapa, Agus Edi Santoso bersama KSOP Sunda Kelapa melaksanakan rapat koordinasi terkait peningkatan Kinerja dan Penataan Sunda Kelapa. rapat dilaksanakan di Jakarta, Senin (06/11).

Kepala KSOP Kelas III Sunda Kelapa, Aries Wibowo saat pembukaan dalam sambutannya mengatakan kegiatan Rapat koordinasi dan evaluasi teknis ini sangat penting dilaksanakan.

Hal ini, menjadi evaluasi dalam rangka peningkatan Kinerja dan Penataan di pelabuhan Sunda Kelapa.

Selain itu juga menambahkan, mendukung untuk dilakukannya kolaborasi peningkatan pelayanan dan pemenuhan fasilitas serta diterapkannya sistem digitalisasi.

“Hal ini sesuai dengan peran otoritas pelabuhan dalam meningkatkan layanan dan keamanan,” tambahnya

Agus Edi Santoso dalam kesempatan itu membahas Program dan rencana Peningkatan kualitas dan pelayanan salah satunya dengan digitalisasi P Tos M.

“Pelabuhan Sunda Kelapa merupakan salah pintu pelabuhan yang melayani kepulauan kecil dan terluar yang cukup ramai yang letaknya berada di jakarta. Oleh karenanya dianggap perlu untuk dilakukan penataan demi memberikan kenyamanan kepada pengguna jasa. Untuk itu, dengan kolaborasi ini kita lakukan evaluasi dan sinkronisasi upaya-upaya peningkatan baik sarana maupun prasarana pendukung,” ucapnya.

Agus Edi Santoso menilai, Sunda Kelapa yang berada di Kota Jakarta yang juga merupakan pusat dari perdagangan dan sebagai pusat distribusi daerah kepulauan sumatera, kepulauan riau, Bangka Belitung dan Kalimantan barat serta penopang pembangunan dan perekonomian kepulauan kecil dan daerah terluar lainnya.

“Ditambah Pelabuhan Sunda Kelapa berdekatan dengan kawasan kota tua yang merupakan heritage bersejarah sebagai destinasi wisatawan manca Negara dimana banyak tamu dari luar negeri yang akan datang berwisata dan melihat pelayaran rakyat, sudah selayaknya kita percantik dengan pembenahan akses, fasilitas yang dilengkapi tempat parkir yang memadai untuk menampung jumlah kendaraan pengangkutan barang dan wisatawan yang masuk,” tambahnya.

Baca Juga  KSOP Sunda Kelapa Gelar Sosialisasi Keselamatan Pelayaran

Selain itu, Pelindo regional 2 Sunda Kelapa juga diamanatkan untuk melakukan transformasi layanan dan upaya percepatan digitalisasi.

Maka Agus Edi Santoso juga menyarankan untuk menggunakan atau pemanfaatan teknologi digitalisasi untuk mempermudah dan transparansi.

“Selain mempermudah pengguna jasa untuk melakukan kegiatan kepelabuhanan, melalui Transformasi ini sistem pendataan barang akan tercatat dan transparan. Hal ini akan membantu menumbuhkan ekosistem bisnis bagi daerah kepulauan yang jadi tujuannya ,” pungkasnya.(bas)

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion

Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *