Connect with us

Info Regional

Peringatan Hari Lahir Pancasila, Jokowi Pimpin Upacara dan Berikan Pidato

Published

on

Peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni [kemenkeu]

Jakarta, Bindo.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) sampai di Lapangan Monumen Nasional Jakarta untuk mengikuti pelaksanaan upacara peringatan Hari Lahir Pancasila, Kamis (1/6/2023).

Jokowi sampai di sana pada jam 07.55 WIB dan didampingi oleh Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Yudian Wahyudi di sebelah selatan Lapangan Monumen Nasional, Jakarta.

Presiden Jokowi bertindak menjadi Inspektur Upacara tampak menggunakan pakaian adat Kesultanan Deli dengan warna hitam dan nuansa emas. Pakaian adat tersebut dilengkapi dengan keris serta penutup kepala.

Beberapa pejabat juga turut hadir di Upacara diantaranya Wakil Presiden Ma’ruf Amin, para menteri Kabinet Indonesia Maju, Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, Ketua DPR Puan Maharani, Ketua MPR Bambang Soesatyo serta Pj. Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono.

Ketua Dewan Pengarah BPIP Megawati Soekarnoputri juga turut menghadiri upacara ini.

Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila 2023, para tamu undangan yang hadir juga tampak menggunakan pakaian adat.

Direktur Lalu Lintas Polda Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Kombes Polisi Alfian Nurrizal menjadi komandan upacara pada hari ini.

Sedangkan, perwira upacara adalah Komando Garnisun Tetap (Kaskogartap) I/Jakarta Brigjen TNI Arkamelvi Karman menjadi perwira upacara.

Ketua DPR Puan Maharani juga ikut membaca naskah Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

Upacara hari lahir Pancasila 2023 yang dilaksanakan hari ini melibatkan sebanyak 4.000 orang lebih.

Peserta upacara yang hadir diantaranya pasukan upacara, tamu undangan, peserta upacara, petugas, serta panitia upacara.

Peringatan Hari Lahir Pancasila 2023  mengusung tema ‘Gotong Royong Membangun Peradaban dan Pertumbuhan Global’

Jokowi yakin bahwa pancasila mempuntai peran penting untuk menghadapi krisis serta dinamika global.

Baca Juga  Jokowi Lepas Bantuan Ke Palestina Sebanyak 51,5 Ton di Lanud Halim Perdanakusuma

Hal tersebut disampaikannya saat berpidato saat upacara peringatan Hari Lahir Pancasila yang digelar di pelataran Monumen Nasional (Monas), Kamis (1/6/2023).

“Selama ini kita bisa bertahan dari krisis dan tantangan global adalah sumbangsih seluruh anak bangsa, berkat persatuan, gotong royong bangsa ini lebih dipercaya dunia,” ujarnya, Kamis (1/6/2023).

Menurutnya semua itu fondasinya berasal dari ideologi pancasila.

Dirinya juga menyebutkan Indonesia harus duduk sejajar dengan bangsa-bangsa lainnya.

“Kita siap bekerja sama dan berkolaborasi dengan Negara mana pun dan menjadi jembatan dari hubungan antar Negara di dunia,” tuturnya.

Jokowi mengungkapkan Indonesia tak dapat didikte oleh Negara manapun, namun siap untuk menjalin kolaborasi.

Pidato Lengkap Jokowi saat Upacara Hari Lahir Pancasila 2023 :

Berikut ini pidato lengkap Jokowi saat upacara peringatan Hari Lahir Pancasila 2023 yang digelar di Monas pada hari kamis tanggal 1 Juni 2023 :

Alhamdulillah, di tengah krisis yang melanda dunia, Indonesia adalah satu dari sedikit negara yang berhasil menjaga stabilitas ekonominya, menjaga stabilitas sosial dan politiknya. Inflasi terkendali, investasi tumbuh dan lapangan kerja bisa bertambah.

Ini adalah sumbangsih seluruh anak bangsa. Berkat persatuan berkat kerja keras dan gotong royong, bangsa ini berhasil menghadapi tantangan dan semakin dipercaya dunia. Semua itu pondasinya adalah ideologi Pancasila yang diwariskan oleh presiden pertama Ir Soekarno. Ideologi yang harus terus kita pegang teguh untuk memperkokoh kemajuan bangsa.

Saat ini kita masih terus berjuang untuk menghadirkan pembangunan yang adil dan merata. Ini butuh kesinambungan dan keberlanjutan. Personil dalam pemerintah bisa berganti tetapi perjuangan tak boleh berhenti, keadilan pemerataan dan kesejahteraan adalah yang ingin kita wujudkan melalui reformasi struktural. Peningkatan kualitas SDM, hirilisasi industri dan pembangunan ibukota Nusantara.

Kita ingin kekayaan alam negeri ini bermanfaat maksimal bagi Kesejahteraan Rakyat. Kita ingin rakyat di luar Jawa juga merasakan manfaat yang signifikan dari pembangunan yang ada

Bapak Ibu saudara-saudara sebangsa dan setanah air, sebagai negara besar Indonesia harus duduk sejajar dengan bangsa bangsa-lain. kita siap bekerja sama, siap memimpin, kita ingin bekerja sama kita ingin berkolaborasi dengan negara manapun dan menjadi titik temu serta jembatan dari perbedaan-perbedaan yang ada di dunia

Inilah Indonesia, Indonesia adalah Indonesia yang tidak dapat didikte oleh siapapun, yang tidak dapat didikte oleh negara manapun, namun siap selalu siap berkontribusi bagi dunia.

Ideologi Pancasila membuat kepemimpinan Indonesia diterima dan diakui dunia. Presidensi G-20 yang telah sukses dilaksanakan. Keketuan ASEAN tahun ini merupakan bukti nyata bahwa Pancasila bukan hanya utama untuk Indonesia tetapi juga sangat relevan untuk dunia.

Saudara-saudara sebangsa dan setanah air, toleransi, persatuan dan gotong royong adalah kunci membangun bangsa yang kokoh. Oleh sebab itu, saya mengajak kita semuanya untuk menolak ekstremisme, menolak politisasi identitas, menolak politisasi agama.

Mari Kita menyambut pesta demokrasi Pemilu 2024 dengan kedewasaan, dengan sukacita, dengan memegang teguh dan nilai-nilai Pancasila, memperjuangkan Indonesia maju yang adil yang sejahtera serta berwibawa di kancah dunia. selamat hari lahir Pancasila salam Pancasila merdeka terima kasih wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion