Connect with us

Info Regional

Kirab Tumpeng Coklat Berlangsung Meriah Di Kampung Coklat Blitar

Published

on

AAA-5aa6ff36

Blitar, Bindo.id – Tradisi setiap Lebaran ketupat, wisata Kampung Coklat di Desa Plosorejo, Kecamatan Kademangan, Kabupaten Blitar, mengelar tradisi ketupat coklat. Tidak tangung tangung sebanyak 3.000 ketupat coklat dibagikan kepada para pengunjung wisata Kampung Coklat Blitar Sabtu (29/4/2023).

Pascakebakaran, lokasi wisata ikonik Kabupaten Blitar ini masih mampu menggelar agenda tradisi tahunan tiap bulan Syawal ini. Meskipun, tahun ini tak seperti tahun lalu yang menyediakan sebanyak 6.000 porsi ketupat coklat. Walaupun tak sebanyak tahun-tahun sebelumnya, namun momen ini tetap ramai ditunggu dan diserbu antusias para pengunjungnya. Sebelumnya banyak pengunjung khawatir acara tahunan ini batal digelar setelah usai terjadi kebakaran Rabu (26/4/2023) lalu.

Karyawan Kampung Coklat dengan semangat mengarak tumpeng ketupat coklat ini ke seluruh wahana lokasi wisata. Begitu tiba di tempat yang ditentukan, tumpeng ketupat coklat langsung diperebutkan oleh para wisatawan yang antusias.

Ratusan pengunjung berebut dan ingin merasakan sensasi rasa unik ketupat coklat yang memiliki kombinasi gurih nasi ketupat dan manis pahit bubuk coklat murni.

Menikmati ketupat coklat semakin sempurna ketika disantap bersama opor ayam yang telah disiapkan oleh pengelola Kampung Coklat Blitar. Kelezatan makanan ini bisa dinikmati secara gratis oleh seluruh pengunjung yang hadir.

Tradisi Kirab Tumpeng Ketupat Coklat ini telah berlangsung selama 8 tahun lamanya. Kampung Coklat Blitar sengaja mengadakan acara ini sebagai wujud pelestarian budaya Jawa, yang mana memberikan sedekah berupa ketupat di hari lebaran ke-7.

Ketupat sendiri memiliki filosofi lepat yang artinya memaafkan, sehingga momen ini menjadi ajang saling memaafkan di akhir hari raya Idul Fitri.

Kegiatan Kirab Ketupat Coklat ini telah menjadi agenda tahunan yang diakui oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Blitar dan Provinsi Jawa Timur. Dalam rencana tahun depan, Kampung Coklat Blitar akan menghadirkan tumpengan ketupat coklat dalam jumlah yang lebih besar. Yakni sebanyak 10 ribu ketupat.

Baca Juga  PKK Kota Blitar Bersama DKPP Lakukan Gerakan Tanam Cabai

Para wisatawan diundang untuk datang di hari ke-7 lebaran dan mencicipi kelezatan kuliner ketupat coklat khas Kampung Coklat Blitar yang tak terlupakan.

Momen lebaran tahun ini menjadi kesempatan bagi Kampung Coklat Blitar untuk menunjukkan peningkatan jumlah pengunjung yang cukup signifikan. Terhitung pada hari ke-2 lebaran, jumlah pengunjung yang memadati tempat wisata Kampung Coklat Blitar mencapai lebih dari 6.000 wisatawan.

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion