Connect with us

Transportasi

Rekayasa Perjalanan Commuter Line Usai KRL Anjlok Di Depan WTC Mangga Dua

Published

on

KRL Anjlok Di Depan WTC Mangga Dua [apakabar]

Jakarta, Bindo.id Kereta Rel Listrik (KRL) mengalami anjlok di hari Sabtu (13/4/2024) jam 07.00 WIB.

Manager External Relations and Corporate Image Care KCI Leza Arlan menuturkan KRL yang anjlok adalah KA 5508 relasi Kampung Bandan-Cikarang melalui Pasar Senen.

Lokasi anjlok terjadi di KM 1+3/4 antara Stasiun Kampung Bandan serta Stasiun Rajawali atau tepatnya berada di depan WTC Mangga Dua.

“Hingga pukul 09.00 WIB, petugas terkait di lokasi masih fokus untuk melakukan proses evakuasi rangkaian Commuter Line dan melakukan normalisasi jalur rel,” ujar Leza.

Namun, Leza memastikan tak ada korban akibat insiden anjloknya rangkaian KRL ini.

“Penanganan pengguna pada rangkaian seluruhnya sudah dievakuasi ke tempat aman dan tidak ada korban atas kejadian tersebut,” ujarnya.

Leza menuturkan para penumpang KA 5508 tersebut telah dipindahkan ke kereta selanjutnya untuk meneruskan perjalanan.

KAI Commuter tetap memberlakukan rekayasa pola operasi perjalanan Commuter Line, di mana perjalanan tersebut hanya dapat memakai satu jalur. 

Hal ini berdampak pada KRL relasi Cikarang/Bekasi menuju ke Kampung Bandan melalui Pasar Senen dan Commuter Line Cikarang/Bekasi ke Kampung Bandan melalui Manggarai.

“Untuk menjaga keselamatan perjalanan kereta api dan proses pekerjaan evakuasi di lokasi, KAI Commuter juga melakukan pengaturan pembatasan kecepatan perjalanan kereta saat melintas di lokasi,” pungkasnya.

Berikut ini daftar lengkap rekayasa pola operasi KRL akibat peristiwa anjlokan ini:

  • KA 4019 (Tambun-Kampung Bandan melalui Pasar Senen), perjalanan hanya sampai Stasiun Kemayoran. Kembali sebagai KA 5520 (Kemayoran-Cikarang)
  • KA 5519 (Bekasi-Kampung Bandan melalui Manggarai), perjalanan hanya sampai Stasiun Angke. Kembali sebagai KA 4020 (Angke-Bekasi)
  • KA 4023 (Bekasi-Kampung Bandan melalui Pasar Senen), perjalanan hanya sampai Stasiun Kemayoran. Kembali sebagai KA 5522 (Kemayoran-Cikarang)
  • KA 5521 (Manggarai-Kampung Bandan),  perjalanan hanya sampai Stasiun Angke. Kembali sebagai KA 4024 (Angke-Bekasi)
  • KA 4025 (Cikarang-Kampung Bandan via Pasar Senen), perjalanan hanya sampai Stasiun Kemayoran. Kembali sebagai KA 5524 (Kemayoran-Cikarang)
  • KA 5523 (Manggarai-Kampung Bandan), perjalanan hanya sampai Stasiun Angke. Kembali sebagai KA 4026 (Angke-Cikarang)

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion

Baca Juga  Alami Perubahan, Jadwal KA Tujuan Bandung, Garut Hingga Banjar Terbaru Khusus Februari 2024