Connect with us

Transportasi

Kemenko Marves Pastikan Proyek Kereta Cepat Dilanjut Hingga Surabaya

Published

on

Kereta cepat [bisnis]

Jakarta, Bindo.id – Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) menuturkan proyek perpanjangan trayek kereta cepat Whoosh sampai ke Surabaya, Jawa Timur, akan diteruskan di pemerintahan Prabowo-Gibran. Juru

Kemenko Marves Jodi Mahardi menuturkan pemerintah akan membentuk tim khusus demi memastikan berlanjutnya proyek kereta cepat ini.

“Pak Luhut sudah paving the way-lah supaya pemerintahan berikutnya bisa melanjutkan program ekstensi kereta api cepat ini sampai Surabaya,” tuturnya saat ditemui di kantornya, Jakarta, Rabu (24/4/2024).

Dirinya menyebutkan tim khusus proyek kereta cepat Jakarta-Surabaya ini turut melibatkan Kemenko Marves, Kementerian Perhubungan, serta PT Kereta Api Indonesia (Persero).

Namun dirinya masih belum bisa menerangkan lebih banyak tentang tim khusus ini.

Saat ini telah dilakukan diskusi tentang hal itu.

“Tentunya sudah mulai diskusi, ini kita berharap kan tentunya dengan pemerintahan baru pasti ada keberlanjutan dari program-program pemerintahan Pak Jokowi gitu,” ujarnya.

Dirinya berpendapat proyek Kereta Cepat Whoosh layak diteruskan hingga ke Surabaya sebab moda transportasi berteknologi canggih ini akan memberikan banyak manfaat untuk masyarakat.

Salah satu manfaatnya yakni bisa memangkas waktu transportasi. Saat ini waktu tempuh Kereta Cepat Whoosh Jakarta-Bandung hanya memeelukan waktu sekitar 40 menit.

Apabila memakai kereta api konvensional KA Argo Parahyangan memerlukan waktu sekitar 2,5 jam.

“Mengurangi juga beban transportasi jalan. Kemudian juga mengurangi juga emisi dari sektor aviasi dan meningkatkan juga interkonektivitas antar-kota di Indonesia,” ujarnya.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan menuturkan pihaknya akan segera membentuk tim proyek kereta cepat Jakarta-Surabaya.

Hal itu disampaikan Luhut setelah bertemu dengan Menteri Luar Negeri China Wang Yi pada rangkaian acara pertemuan ke-4 Dialog Tingkat Tinggi dan Mekanisme Kerja Sama keempat Indonesia-China (HDCM).

Baca Juga  Luhut Menjamin Ekspor Pasir Laut Tidak Merusak Lingkungan, Ini Caranya

“Untuk kereta cepat Jakarta–Surabaya, kami sepakat segera tim dibentuk,” ujae Luhut lewat akun instagram resmi @luhut.pandjaitan, dikutip Senin (22/4/2024).

Kata Luhut, Kereta Cepat Jakarta-Bandung Whoosh terus bertambah jumlah penumpangnya sejak peluncurannya, hingga pada puncak arus mudik lebaran lalu.

“Ini sekaligus menjadi bukti bahwa proyek ini selayaknya dapat dilanjutkan sampai ke Surabaya,” tuturnya.

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion