Connect with us

Transportasi

Dukung Program Mudik Gratis BUMN, ASDP Layani 800 Orang Pemudik di 3 Lintasan

Published

on

Foto istimewa/ilustrasi/asdp

JAKARTA (Bindo.id) – Mendukung Program Mudik Asyik BUMN dan untuk turut menyemarakkan nuansa mudik Lebaran tahun ini, PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) kembali menghadirkan Program Mudik Gratis bersama BUMN 2024 yang melayani hingga 800 orang di tiga lintasan.

Corporate Secretary ASDP Shelvy Arifin mengatakan, program mudik ini merupakan salah satu bentuk dukungan ASDP dalam mengantisipasi tingginya animo masyarakat yang akan mudik lebaran dan menekan jumlah pemudik yang menggunakan sepeda motor.

Mengutip data Kepolisian, jumlah kecelakaan lalu lintas (lalin) tahun 2023 di Indonesia mencapai 116 ribu kejadian, dan insiden kecelakaan tersebut 77% melibatkan sepeda motor sebagai penyebabnya. 

“Karenanya, ASDP berkomitmen mendukung program Pemerintah dalam menekan jumlah kecelakaan lalin yang didominasi oleh sepeda motor, dan mendukung perhelatan Angkutan Lebaran (angleb) tahun 2024 dapat berjalan lancar, aman, nyaman dan selamat,” ujar Shelvy di Jakarta, Selasa (2/4/2024).

Diungkapkannya, saat ini pendaftaran mudik gratis bersama ASDP sudah ditutup dan bagi peserta yang sudah mendaftar, khususnya untuk Lintasan Jakarta – Bandar Lampung dapat melakukan daftar ulang di kantor pusat ASDP 2-3 April 2024 pukul 10.00 – 16.00 WIB.

“Dengan membawa fotocopy KTP, fotocopy Kartu Keluarga, serta surat kuasa perwakilan pengambilan tiket bagi pengganti peserta yang sebelumnya mengundurkan diri,” ujarnya.

Peserta yang sudah melakukan daftar ulang akan mendapatkan tiket mudik yang memiliki nomor kursi sesuai dengan urutan daftar ulang, beserta merchandise menarik dari Mudik Asyik bersama BUMN.

“Keberangkatan kapal dijadwalkan pada Jumat (5/4/2024) dan waktu keberangkatan mengikuti tiket yang sudah dipesan oleh pemudik sebelumnya,” ujar Shelvy.

Adapun lintasan dan kuota yang dibuka sebelumnya, di antaranya:

1. Jakarta – Bandar Lampung dengan kuota 40 orang;

Baca Juga  ASDP Apresiasi Penertiban Praktik Percaloan di Pelabuhan Merak oleh Satreskrim Polres Cilegon

2. Hunimua – Waipirit dengan kuota 560 orang;

3. Bajoe – Kolaka dengan kuota 200 orang. 

“Kami juga kembali mengingatkan bagi pengguna jasa yang akan menyeberang untuk memperhatikan kesehatannya dan tetap mematuhi prokes dengan menggunakan masker dan menjaga kebersihan. Kami harap masyarakat yang telah memilih mudik bersama ASDP dapat menikmati perjalanan mudiknya hingga sampai ke tempat tujuan,” imbuh Shelvy.

Pada periode layanan Angkutan Lebaran 2024 ini, puncak arus mudik penyeberangan diprediksi pada Sabtu (6/4) atau H-4 dan Minggu (7/4) atau H-3. Lalu, untuk puncak arus balik Lebaran diprediksikan terjadi pada Minggu (14/4) atau H+3 dan Senin (15/4) atau H+4.

Adapun jumlah lintasan yang dipantau secara Nasional selama pelaksanaan Posko Lebaran 2024 sejumlah delapan Lintasan di sembilan Cabang (Merak-Bakauheni, Ketapang-Gilimanuk dan Jangkar-Lembar, Padangbai-Lembar, Kayangan-Pototano, Ajibata-Ambarita, Bajoe-Kolaka, Tj. Api-Api-Tj.Kalian, Panajam-Kariangau. 

Diperkirakan jumlah penumpang Angkutan Lebaran tahun ini mencapai 5,78 juta penumpang dan 1,37 unit kendaraan di 8 lintasan terpantau Nasional yang berada dibawah koordinasi sembilan Cabang ASDP.(bas) 

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion