Connect with us

Transportasi

Double Track Kereta Api Bandung-Cicalengka Bakal Rampung Tahun Ini

Published

on

foto:ilustrasi

JAKARTA (Bindo.id) – Pembangunan proyek jalur ganda atau double track di Bandung, Jawa Barat yang sedang berlangsung dikabarkan bakal selesai tahun ini.

Program yang sedang dikerjakan adalah pembangunan double track kereta api segmen Kiaracondong – Cicalengka. Tahap I proyek ini dilaksanakan tahun 2020-2021 untuk segmen Gedebage – Haurpugur.

Sedangkan mulai tahun 2022-2024 ini juga sedang dilaksanakan pembangunan tahap ke II untuk segmen Kiaracondong – Gedebage dan penuntasan segmen Haurpugur-Cicalengka. Setidaknya di pertengahan tahun ini targetnya bakal selesai.

“Target selesai semester 1 2024,” ungkap Dirjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Risal Wasal kepada awak media, Selasa (16/1/2024).

Pentingnya double track semakin besar usai terjadinya kecelakaan antara Kereta Turangga dan KA lokal Bandung Raya di lintas Cicalengka-Haurpugur KM 181+700 tanggal 5 Januari 2024 lalu.

Adapun total anggaran yang dibutuhkan untuk pembangunannya mencapai Rp 1,2 triliun dan sepenuhnya dibiayai oleh APBN. sebagian besar proyek itu menggunakan sumber dana Surat Berharga Syariah Negara (SBSN).

“Sesuai masterplan pembangunan sektor perkeretaapian, segmen tersebut juga akan dilakukan pembangunan di masa yang akan datang, namun saat ini masih menyelesaikan pembangunan yang segmen Kiaracondong – Cicalengka,” timpal Direktur Pembiayaan Syariah Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kemenkeu, Dwi Irianti Hadiningdyah.(bas)

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion

Baca Juga  DJKA Siapkan Langkah Mitigasi Dampak Pembangunan Jalur Ganda Sepanjang-Wonokromo
Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *