Connect with us

Transportasi

Debat Capres Malam Ini, Cek Rekayasa Lalu Lintas Di Sekitar GBK

Published

on

Ilustrasi rekayasa lalu lintas [auto2000]
Ilustrasi rekayasa lalu lintas [auto2000]

Jakarta, Bindo.id – Polda Metro Jaya siaga menerjunkan sebanyak 3.041 personel demi menjaga keamanan debat Pilpres 2024 ketiga.

Debat capres-cawapres ketiga ini akan dilaksanakan di Istora Senayan, kompleks Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta malam ini. Sehingga dilakukan rekayasa lalu lintas di sekitar GBK.

“Untuk pengamanan kita kerahkan 3.041 personel gabungan,” tutur Karo Penmas Divhumas Polri sekaligus Kabid Humas Polda Metro Jaya Brigjen Trunoyudo Wisnu Andiko, Minggu (7/1/2024).

Personel yang diterjunkan ini terdiri dari 2.877 personel Polri yang berasal dari Satgaspus 727 personel, Satgasda 2.000 personel. Satgasres sebanyak 100 personel juga diterjunkan dalam acara ini.

Selain itu juga ada sebanyak 120 personel TNI yang terdiri dari TNI AD 100 personel dan POM AD 20 personel.

Ada juga 94 personel Pemda DKI terdiri dari Satpol PP 40 personel, Dishub 35 personel, Derek 5 personel dan Damkar 14 personel.

“Pengamanan personel gabungan Polri, TNI dan Pemerintah Propinsi DKI, sesuai dinamika hakekat tugas fungsi sasaran pengamanan kegiatan Debat Capres Cawapres ke 3 melalui satgas Preemtif, Preventif, Humas dan Bantuan Operasi,” tuturnya.

Trunoyudo menyebutkan Ditlantas Polda Metro Jaya juga mempersiapkan rekayasa lalu lintas yang ada di sekitar kawasan GBK.

Penerapan rekayasa lalu lintas tersebut sifatnya situasional, artinya tergantung dengan kondisi maupun situasi di lapangan.

Rekayasa lalu lintas yang dipersiapkan Ditlantas Polda Metro Jaya yakni:

  1. Arus lalu lintas berasal dari Jalan Gatot Subroto yang akan menuju ke Jalan Gerbang Pemuda akan diarahkan lurus menuju ke Jalan Gatot Subroto arah Slipi
  2. Arus lalu lintas yang berasal dari arah Jalan Asia Afrika akan diarahkan lurus menuju ke arah Jalan Hang Tuah Raya
  3. Arus lalu lintas yang berasal dari Bundaran Senayan menuju ke Jalan Pintu Senayan akan diarahkan lurus menuju ke Jalan Jenderal Sudirman
Baca Juga  AG Resmi Ditahan Terkait Kasus Penganiayaan David

Penyelenggaraan debat ketiga Pilpres 2024 akan dilakukan di Istora Senayan pada Minggu (7/1/2024), jam 19.00 WIB malam. Tema debat capres yang akan dibahas yakni pertahanan, keamanan, hubungan internasional, globalisasi, geopolitik serta politik luar negeri.

Debat capres ketiga ini akan dipandu Ariyo Ardi dan Anisha Dasuki selaku moderator. Ada 11 pakar dari bidang-bidang yang berhubungan dengan tema debat dipilih menjadi panelis untuk melakukan penyusunan pertanyaan.

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion