Connect with us

Transportasi

Bandara Kertajati Jabar Jadi Tempat Parkir Pesawat Tamu KTT ke-43 ASEAN

Published

on

foto:istimewa

Jakarta, Bindo.id – Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 ASEAN barlangsung di Jakarta pada tanggal 5 hingga 7 September 2023.

Sejumlah tamu undangan dari berbagai negara akan hadir dalam kesempatan tersebut.

Pesawat tamu kenegaraan yang hadir dalam KTT ke-43 ASEAN akan mendarat di Bandara Soekarno-Hatta, dan Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Majalengka.

Dua bandara ini ditunjuk pemerintah sebagai tempat Remain Over Night (RON), atau lokasi untuk pesawat menginap.

Bandara Kertajati mulai bersiap menyambut kedatangan para kepala dan tamu negara yang hadir dalam KTT Ke-43 ASEAN. Pihak BIJB Kertajati bekerja sama dengan Pangkalan TNI Angkatan Udara Sugiri Sukani untuk mempersiapkan agenda tersebut.

“Persiapannya hanya ada penambahan personel dari Kopasgat Lanud Sugiri Sukani dan membuat posko terpadu,” kata Executive General Manager BIJB Nuril Huda Mahmudan, Senin (4/8/2023).

Nuril memastikan, Bandara Kertajati siap menyambut kedatangan para kepala dan tamu negara yang hadir dalam KTT Ke-43 ASEAN. Pihaknya juga, lanjut Nuril, dipastikan akan melayani para tamu undangan.

“Kami sudah siap. Kami pasti melayaninya dengan baik sesuai prosedur yang berlaku,” ujar dia.

Selama KTT ke-43 ASEAN berlangsung, kata Nuril, sebanyak tujuh pesawat dari Kanada, India, Jepang dan Australia, akan ‘parkir’ di Bandara Kertajati. Namun dari beberapa negara itu, baru pesawat dari Kanada yang dipastikan akan menginap di BIJB.

“Rencana awalnya kita ada tujuh pesawat dari Kanada, India, Jepang dan Australia. Tapi sepertinya Jepang, mereka ke Jakarta. Tahun kemarin mereka di sana. Untuk Australia dan India masih belum ada konfirmasi. Kalau ada konfirmasi, kita cek kembali,” ujar Nuril.

Hingga kini, belum ada pesawat tamu kenegaraan yang mendarat di Bandara Kertajati. Pesawat tamu kenegaraan itu, jelas Nuril, akan mendarat di Bandara Kertajati pada Selasa besok. “Belum (belum ada yang datang), besok landingnya,” ucapnya.

Baca Juga  Bandara Kertajati Beroperasi Penuh Hari Ini, Permudah Penerbangan Umrah Bagi Masyarakat Jawa Barat

Sekedar Informasi, kapasitas Bandara Kertajati dapat menampung pesawat berbadan besar seperti Boeing 777 dan Airbus A310. Seperti yang diketahui, dua pesawat ‘raksasa’ itu belum lama ini pernah mendarat di bandara tersebut.

Sementara, dari segi fasilitas lainnya Bandara Kertajati sangat menunjang. Mengingat Bandara Kertajati adalah salah satu bandara internasional kedua terbesar di Indonesia.(bas)

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion