Connect with us

Transportasi

Simak ya! Ini Jadwal LRT Jabodebek Terbaru, Tarif Masih Promo

Published

on

foto:istimewa

Jakarta, Bindo.id – LRT Jabodebek resmi beroperasi pada Senin (28/8/2023). Namun waktu operasional masih terbatas dan akan ditingkatkan secara bertahap.

Masyarakat yang ingin menjajal moda transportasi baru tersebut dapat memperhatikan jadwal operasional yang mulai berlaku pada Selasa (29/8/2023).

LRT Jabodebek akan melayani penumpang di 17 stasiun yaitu Stasiun Dukuh Atas, Setiabudi, Rasuna Said, Kuningan, Pancoran, Cikoko, Ciliwung, Cawang, TMII, Kampung Rambutan, Ciracas, Harjamukti, Jatibening Baru, Cikunir I, Cikunir II, Bekasi Barat, dan Jati Mulya. Sedangkan stasiun Halim saat ini tidak bisa naik turun penumpang karena masih tahap pembangunan.

Terdapat 2 line perjalanan yaitu Line Cibubur yang melewati Stasiun Dukuh Atas – Cawang – Stasiun Harjamukti/pp  dan Line Bekasi yang melewati Stasiun Dukuh Atas – Cawang – Stasiun Jatimulya/pp.

Manager Public Relations LRT Jabodebek Kuswardoyo mengatakan, LRT Jabodebek beroperasi setiap hari dari pagi sampai petang. Waktu antar kereta paling lama antara 20 menit sekali.

Berikut jadwal LRT Jabodebek:

Keberangkatan awal

• Dukuh Atas-Harjamukti 05.09 WIB

• Harjamukti-Dukuh Atas 05.09 WIB

• Jati Mulya-Dukuh Atas 05.00 WIB

• Dukuh Atas-Jati Mulya 05.58 WIB.

Keberangkatan akhir

• Dukuh Atas-Jati Mulya 18.58 WIB

• Jati Mulya-Dukuh Atas 18.00 WIB

• Harjamukti-Dukuh Atas 17.49 WIB

• Dukuh Atas-Harjamukti 17.49 WIB.

Tarif Promo Sampai Akhir September 2023

LRT Jabodebek berlakukan tarif promo berupa diskon sebesar 78% yang diwujudkan dalam tarif flat sebesar Rp 5.000,- untuk seluruh lintas pelayanan, sejak diresmikan sampai dengan akhir bulan September 2023.

Direktur Utama KAI – Didiek Hartantyo mengatakan, pelanggan LRT Jabodebek mendapatkan subsidi dari pemerintah melalui Kementerian Perhubungan. Tujuannya, menarik minat masyarakat agar lebih menggunakan transportasi umum dengan biaya lebih terjangkau.

Baca Juga  Pesawat Super Air Jet Terbang Langsung dari Jakarta ke Danau Toba di Bandara Silangit, Simak Jadwalnya!

Tarif LRT Jabodebek sudah ditetapkan melalui Keputusan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor KM 67 Tahun 2023 tentang Tarif Angkutan Orang dengan Kereta Api Ringan Terintegrasi di Wilayah Jakarta, Bogor, Depok, dan Bekasi untuk Melaksanakan Kewajiban Pelayanan Publik.

Berdasarkan regulasi ini, tarif dasar LRT Jabodebek ditetapkan mulai Rp 5.000 untuk 1 km pertama, dan mengalami penambahan sebesar Rp 700 per Km selanjutnya.

Nantinya pada saat beroperasi penuh, waktu operasional LRT Jabodebek akan dimulai pukul 05.00 WIB hingga 23.30 WIB.

Masyarakat dapat menggunakan LRT Jabodebek dengan mudah melalui pembayaran nontunai seperti Kartu Uang Elektronik Perbankan (BRI, BNI, Bank Mandiri, BTN, BCA, dan Bank DKI Jakarta), Kartu Multi Trip KAI Commuter, Scan Qris, Link Aja, dan KAI PAY.(bas)

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion