Connect with us

Transportasi

Hari Ini, Jokowi Resmikan Operasional LRT Jabodebek, Bisa Atasi Macet dan Kurangi Polusi Udara

Published

on

foto:istimewa

Jakarta, Bindo.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan meresmikan operasional LRT Jabodebek di Stasiun Cawang pada Senin (28/8/2023).

Jokowi bersama istri Iriana Jokowi beserta sejumlah menteri dan kepala lembaga menaiki rangkaian LRT dari Harjamukti dan mengarah ke Cawang.

Dari Youtube Sekretariat Presiden pada Senin pagi, rangkaian LRT yang dinaiki Jokowi merupakan lintas Cibubur yang berjalan melewati Stasiun Ciracas, Kampung Rambutan dan Taman Mini hingga akhirnya Jokowi sampai ke Stasiun Cawang untuk meresmikan operasional LRT secara Umum.

Dalam sambutannya Jokowi mengatakan, adanya LRT di Jabodebek bisa mengatasi kemacetan yang ada di Jakarta, juga berdampak pada penggunaan kendaraan pribadi yang juga akan mengurangi polusi udara.

Bagi masyarakat yang ingin bertransportasi naik LRT, cara pembayaran atau tiket LRT Jabodebek menggunakan sistem cashless seperti menggunakan Kartu Uang Elektronik Perbankan (BRI, BNI, Bank Mandiri, BTN, BCA, dan Bank DKI Jakarta), KMT KAI Commuter, Scan Qris Link Aja dan KAI PAY.

Menurut keterangan dari PT KAI, nantinya akan terdapat 434 perjalanan LRT Jabodebek yang siap melayani penumpang setiap hari. Dimana kapasitas satu rangkaian LRT Jabodebek dapat menampung hingga 1.308 penumpang.

Total ada sebanyak 31 trainset (rangkaian kereta) akan disiapkan, dengan rincian guna keperluan operasional terdapat 27 trainset (rangkaian kereta), serta sebanyak 4 trainset (rangkaian kereta) akan digunakan sebagai cadangan. Setiap trainset (rangkaian kereta) LRT Jabodebek terdiri atas 6 kereta.

LRT Jabodebek melayani masyarakat di 18 stasiun yang menghubungkan wilayah Jakarta, Bogor, Depok, dan Bekasi.

Waktu operasional LRT Jabodebek akan dimulai pukul 05.00 WIB hingga 23.30 WIB, dengan terdapat 2 line perjalanan yaitu Line Cibubur yang melewati Stasiun Dukuh Atas – Cawang – Stasiun Harjamukti/pp dan Line Bekasi yang melewati Stasiun Dukuh Atas – Cawang – Halim – Stasiun Jatimulya/pp.(bas)

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion

Baca Juga  Stasiun Gambir Berikan Layanan Face Recognition Boarding Mulai 1 September 2023