Connect with us

Transportasi

LRT Jabodebek Mulai Beroperasi 12 Juli 2023

Published

on

Foto:ilustrasi/istimewa

Jakarta, Bindo.id – Ada kabar baik bagi warga Jakarta dan sekitarnya. Kereta Lintas Raya Terpadu (LRT) Jakarta, Bogor, Depok, Bekasi (Jabodebek) yang digarap pemerintah akan mulai diuji coba pada 12 Juli 2023 mendatang.

Juru Bicara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Adita Irawati mengatakan, selama masa uji coba, layanan LRT Jabodebek akan digratiskan kepada para penumpang.

“Juli itu uji coba operasi dan masyarakat bisa naik LRT (Jabodebek) tanpa dikenakan biaya,” ungkapnya melalui pesan singkat, Senin (15/5/2023).

Menurutnya, jam operasional LRT Jabodebek saat masa uji coba mulai pukul 06.00 WIB hingga pukul 22.00 WIB. Namun demikian, hingga saat ini, Kemenhub masih membahas soal rute LRT Jabodebek selama masa uji coba serta stasiun LRT Jabodebek mana saja yang akan diujicobakan.

“(Rute operasional saat masa uji coba) akan diumumkan nanti,” papar Adita.

“Stasiun (saat masa uji coba) pasti ada, sedang disiapkan,” sambungnya.

Untuk diketahui, LRT Jabodebek memiliki panjang lintasan 44,43 kilometer. Ada total 18 stasiun yang bakal dilintasi oleh LRT, mulai dari jalur Bekasi Timur-Cawang, Cibubur-Cawang, dan Cawang-Dukuh Atas.

Setelah masa uji coba selesai, Adita mengatakan LRT Jabodebek akan mulai dikomersilkan pada Agustus 2023. Untuk besaran tarif nantinya masih dalam tahap pembahasan.

Namun dipastikan Kemenhub akan memberikan subsidi dalam tarif layanan LRT Jabodebek sehingga tidak terlalu memberatkan masyarakat.

“Besaran tarif sedang diproses untuk ditetapkan dalam PM Perhubungan. Akan ada unsur subsidi dalam tarif akhirnya. Besarannya nanti akan disosialisasikan segera,” tambahnya.(bas)

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion

Baca Juga  Target Beroperasi Juli, LRT Jabodebek Tersedia hingga Jam 23.27 WIB
Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *