Connect with us

Transportasi

KA Bandara YIA dan Kualanamu Alami Perubahan Jadwal Mulai 1 Juni 2023

Published

on

Foto:istimewa

Jakarta, Bindo.id – Perjalanan kereta api (KA) Bandara Kualanamu dan KA Bandara Yogyakarta Internasional Airport (YIA) akan mengalami perubahan pola operasi seiring dengan penerapan Grafik Perjalanan Kereta Api (Gapeka) 2023 mulai 1 Juni 2023 mendatang.

“Gapeka 2023 akan menggantikan Gapeka 2021 dan membawa sejumlah perubahan jadwal perjalanan kereta api. Untuk operasional KA Bandara sendiri, salah satu perubahannya adalah jadwal keberangkatan KA yang umumnya akan maju atau berubah menjadi lebih awal dari jadwal sebelumnya,” ujar Direktur Utama PT. Railink (KAI Bandara) Porwanto Handry, Senin (22/5/2023).

Dijelaskan, pada KA Bandara YIA, keberangkatan KA perdana dari Stasiun Yogyakarta yang sebelumnya dijadwalkan pada pukul 04.30 WIB akan maju sepuluh menit menjadi pukul 04.20 WIB. Sedangkan keberangkatan KA Bandara terakhir dari Stasiun Yogyakarta dari sebelumnya pada pukul 20.40 WIB akan maju lima menit menjadi pukul 20.35 WIB.

Sementara itu, keberangkatan KA perdana dari Stasiun YIA akan maju dua belas menit dari sebelumnya pukul 05.20 WIB menjadi pukul 05.08 WIB. Sedangkan keberangkatan KA terakhir dari Stasiun YIA yang sebelumnya dijadwalkan pada pukul 21.45 WIB akan maju dua puluh menit menjadi pukul 21.25 WIB.

Perjalanan KA Bandara YIA sendiri tetap berjumlah 42 perjalanan dalam sehari, termasuk 12 perjalanan KA Bandara YIA Xpress yang tidak berhenti di Stasiun Wates.

KA Bandara Kualanamu, keberangkatan kereta pertama dari Stasiun Bandara Kualanamu maju dari sebelumnya pukul 07.20 WIB menjadi pukul 06.50 WIB, dan untuk keberangkatan KA terakhir dari Stasiun Bandara Kualanamu mundur dari sebelumnya pukul 20.30 WIB menjadi pukul 21.10 WIB.

Keberangkatan KA Bandara pertama dari Stasiun Medan tidak mengalami perubahan yakni pada pukul 05.00 WIB, sementara untuk keberangkatan terakhir dijadwalkan maju lima belas menit dari sebelumnya pukul 19.20 WIB menjadi pukul 19.05 WIB. Jumlah perjalanan pun tetap sebanyak 24 perjalanan dalam sehari.

Baca Juga  KAI Terapkan Gapeka 2023 Mulai 1 Juni, Waktu Perjalanan Kereta Api Lebih Singkat dan Jadwal Berubah

“Selain dengan mempertimbangkan perjalanan KA lainnya, perubahan jadwal KA Bandara yang dipandu Gapeka 2023 tetap didasari atas kesesuaian dengan jadwal kedatangan dan keberangkatan pesawat di bandar udara,” kata Porwanto Handry.

Mendekati berlakunya Gapeka 2023 mulai 1 Juni 2023 serta perubahan jadwal KA Bandara, calon penumpang KA Bandara pun diimbau untuk memperhatikan jadwal KA terbaru dan menyesuaikan rencana perjalanannya.

Untuk diketahui, Gapeka adalah pedoman pengaturan pelaksanaan perjalanan kereta api berupa garis-garis yang menunjukkan stasiun, waktu, jarak, dan posisi perjalanan KA mulai dari keberangkatan, berhenti, kedatangan, bersilang, dan penyusulan, yang digambarkan melalui grafik untuk mengendalikan perjalanan KA. (bas)

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion