Connect with us

Transportasi

KCI Evaluasi Keterlambatan KRL pada Gapeka 2023, Disiapkan 53 Perjalanan Tambahan di Jam Sibuk

Published

on

foto:istimewa/dok/bas

Jakarta, Bindo.id – Pemberlakuan Grafik Perjalanan Kereta Api (Gapeka) 2023 pada tiga hari terakhir terpantau berjalan aman dan relatif lancar. Meski terdapat beberapa perjalanan mengalami keterlambatan, KAI Commuter terus melakukan evaluasi dan upaya uhtuk memperkecil terjadinya keterlambatan.

“KAI Commuter dan KAI Daop 1 Jakarta dapat menekan waktu kelambatan perjalanan kereta api yang dilaporkan penumpang sejak pemberlakuan Gapeka 2023 pada 1 juni 2023,” ujar VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba pada keterangan resmi, Ahad (4/6/2023).

Dijelaskan Anne, berbagai evaluasi dan upaya dilakukan untuk dapat memperkecil kelambatan khususnya di jalur Cikarang – Bekasi dan Juga Bogor.

Seperti diketahui, penyesuaian Gapeka 2023 juga berlaku untuk semua keberangkatan KA baik Commuter Line, KA Jarak Jauh dan perjalanan KA Angkutan Barang. Berbagai penyesuaian dalam operasional perjalanan kereta dilakukan mengingat adanya perubahan jadwal pemberangkatan, penyesuaian kecepatan, perlayanan relasi perjalanan.

Untuk antisipasi penumpang menumpuk yang hendak transit di Stasiun Manggarai, KAI Commuter tetap menyiapkan 53 perjalanan feeder Manggarai-Angke/Kampung Bandan per hari dimana terdapat 16 perjalanan pada jam sibuk Pagi (06.00-09.00 WIB) dan jam sibuk sore (16.00 – 20.00 WIB).

KAI commuter mengajak pengguna agar menyesuaikan perjalanannya menggunakan Commuter Line dengan adanya perubahan jadwal. Pada Senin, (5/6) KAI Commuter akan mengoperasikan perjalanan Commuter Line Jabodetabek sebanyak 1.133 perjalanan dengan 98 rangkaian tiap harinya.

Perjalanan tersebut terdiri dari 420 perjalanan Commuter Line Bogor, 282 perjalanan Commuter Line Cikarang, 221 perjalanan Commuter Rangkasbitung, 124 perjalanan Commuter Line Tangerang, dan 86 perjalanan Commuter Line Tanjungpriok.

KAI Commuter mencatat selama tiga hari pemberlakuan Gapeka 2023 mulai 1 – 3 Juni 2023, volume pengguna Commuter Line Jabodetabek sebanyak 1.863.507 orang atau rata-rata 621.169 orang per hari. Sementara itu hari Ahad (4/6) hingga pukul 12.00 WIB tercatat volume pengguna sebanyak 226.671 orang.

Baca Juga  Resmikan Comand Center, KAI Commuter Siap Layani Pengguna di Masa Angkutan Nataru

KAI Commuter terus mengingatkan dan mensosialisasikan terkait penyesuaian perjalanan jadwal perjalanan Commuter line sesuai dengan Gapeka yang berlaku saat ini.

“Mengingat hari ini hari terakhir habis libur panjang, agar terhindar dari kepadatan pada jam sibuk di hari kerja para pengguna dapat memanfaatkan kondisi Commuter Line yang lebih lengang untuk kembali ke Jakarta ataupun lokasi wilayah aktivitas kerjanya,” ujar Anne.

Diprediksi volume pengguna Commuter Line pada esok Senin dimana hari kerja pertama usai libur panjang sebanyak 850 ribu orang. Untuk menjaga kenyamanan bersama saat akan naik dan turun dari Commuter Line, selalu mendahulukan pengguna yang turun terlebih dahulu serta ikuti arahan dari petugas di stasiun maupun di dalam perjalanan.

KAI Commuter mengimbau para pengguna untuk menyesuaikan keberangkatannya dengan jadwal keberangkatan yang baru.(bas)

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion