Connect with us

Transportasi

Regional Head 2 Pelindo Sambut Kedatangan Ribuan Pemudik Gratis dari Semarang di Pelabuhan Tanjung Priok

Published

on

Pemudik Gratis Naik Kapal Laut tiba  di Pelabuhan Tanjung Priok
Pemudik Gratis Naik Kapal Laut tiba di Pelabuhan Tanjung Priok

Jakarta, Bindo.id – Sebanyak 1.083 penumpang dan 418 sepeda motor arus balik pemudik gratis yang diberangkatkan dari Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, dengan menumpangi kapal KM Dobonsolo tiba di Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta pada hari Rabu (19/4) pukul 08:00 WIB.

Terminal penumpang Pelabuhan Tanjung Priok secara perdana menerima kedatangan arus balik mudik gratis pada H+3 Lebaran Idul Fitri 1444 H ditandai dengan masuknya kapal KM Dobonsolo.

Kedatangan para penumpang yang merupakan peserta mudik gratis sepeda motor yang telah kembali dari mudik di kampung halaman ini disambut dengan sukacita oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan Novie Riyanto, Direktur Staf Ahli Bidang Kawasan dan Lingkungan Kemenhub Antoni Arif Priadi, Direktur KPLP Rivolindo, Direktur Kenavigasian Budi Mantoro, Kepala OP Utama Tanjung Priok Subagiyo, Jajaran Ditjen Perhubungan Laut lainnya, jajaran Pelni dan Pelindo.

Novie Irianto dalam kesempatan tersebut menyampaikan, program mudik gratis sepeda motor dengan menggunakan kapal laut ini, sangat membantu mengurangi kemacetan di jalur darat dan mengurangi resiko kecelakaan.

“Alhamdulillah kapal tiba dengan selamat. Dengan Ikut mudik gratis naik kapal, perjalanan mudik menjadi lebih lancar dan nyaman dari pada mudik menggunakan sepeda motor, dan juga bisa mengurangi resiko kecelakaan. Program ini mendapatkan antusiasme yang tinggi dari masyarakat dan Insyaallah akan kita teruskan pada tahun berikutnya,” kata Novie Riyanto.

Berdasarkan data sementara, dari total 4 keberangkatan kapal (2 keberangkatan arus mudik dan 2 keberangkatan arus balik), tercatat jumlah realisasi penumpang dan motor sebagai berikut:

Untuk arus mudik, pada 15 April 2023 total realisasi jumlah peserta yang diberangkatkan sebanyak 1.145 orang dan 479 motor dan pada 17 April 2023 sebanyak 1.939 orang dan 816 motor.

Baca Juga  Kapolri ke Jajaran saat Arus Balik: Sosialisasikan Rekayasa Lalin Secara Cepat

Sedangkan untuk arus balik, pada 25 April 2023 sebanyak 1.083 orang dan 418 motor, dan masih ada satu kali keberangkatan mudik balik gratis naik kapal yang akan diberangkatkan pada 28 April 2023 mendatang dari Semarang menuju Jakarta.

Adapun total kuota yang disediakan dari empat keberangkatan kapal pada program mudik gratis tahun ini sebanyak 10.000 penumpang dan 5.000 motor. Dari total kuota yang disediakan, jumlah total pendaftar mencapai 8.346 orang dan 3.715 motor.

Regional Head 2 PT Pelabuhan Indonesia (Persero) / Pelindo, Drajat Sulistyo mengatakan bahwa peran serta Pelindo dalam membantu kelancaran arus mudik Lebaran Idul Fitri 1444 H salah satunya adalah dengan menyediakan fasilitas dermaga sandar bagi kapal pengangkut penumpang dan menjamin para penumpang tetap aman, nyaman, sehat dan lancar, selama arus balik lebaran tahun 2023 ini.

“Kesiapan kita dalam meningkatkan pelayanan yaitu dengan menyiapkan fasilitas pendukung di setiap terminal penumpang di wilayah Pelindo Regional 2 berupa ruang tunggu penumpang, ruang bermain anak-anak, mushola, ruang laktasi, toilet portable, tim medis, penambahan personil keamanan serta ketersediaan lahan parkir bagi kendaraan para pemudik,” kata Drajat Sulistyo.

Selain itu, lanjutnya, Pelindo juga meramaikan Mudik Asyik Bersama BUMN 2023 dengan mendirikan Pos Komando (Posko) mudik BUMN dengan menyediakan fasilitas kesehatan (pijat dan obat gratis), fasilitas buka puasa dan refreshment (kopi snack, takjil gratis), fasilitas entertainment (photo booth) selama arus mudik pada 19-21 April dan pada arus balik tanggal 25 April-1 Mei.

“Kami berharap, semoga upaya Pelindo untuk turut berperan serta dalam membantu kelancaran arus mudik Lebaran Idul Fitri 1444 H, dapat memberikan manfaat dan berkah bagi para pemudik di Terminal Penumpang Pelabuhan Tanjung Priok,” tutup Drajat Sulistyo.(bas)

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion