Connect with us

Transportasi

Dukung Masa Mudik, Ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek Diperlebar Menjadi 8 Lajur

Published

on

Tol Cikampek

Bekasi, Bindo.id – Jasa Marga menambah lajur Jalan Tol Jakarta-Cikampek dari yang semula enam menjadi delapan lajur. Pelebaran jalan tersebut ditargetkan akan rampung sebelum periode Libur Hari Raya Idulfitri 2023.

Direktur Bisnis PT Jasamarga Transjawa Tol (JTT), Pratomo Bimawan Putra, mengatakan penambahan lajur di Jalan Tol Jakarta-Cikampek dilakukan sepanjang 18 km.

“Seminggu ini kita akan menyelesaikan pelebaran ruas Tol Jakarta-Cikampek dari KM 48 sampai KM 66 dari sebelumnya 3 lajur menjadi empat lajur,” kata Pratomo di Bekasi, Senin (3/4/2023).

Dia menyatakan penambahan jalur dilakukan ke arah Jakarta dan ke arah Cikampek. “Masing masih arah sehingga total ada 8 lajur aktif di ruas Jakarta-Cikampek,” jelasnya.

Dia juga menyatakan bahwa pelebaran ruas Jalan Tol Japek itu ditargetkan dapat dioperasikan pada Operasional Lebaran 2023 mendatang. Selain itu pihaknya akan memperbaiki lubang yang ada di Jalan Tol Jakarta-Cikampek.

“Jasa Marga terus berkomitmen untuk memenuhi standar pelayanan minimal (SPM) dan rekan-rekan melihat saat ini kondisinya sudah jauh lebih baik daripada sebelumnya ketika curah hujan tinggi-tingginya,” ungkapnya.

Sebanyak 2,78 juta kendaraan diprediksi meninggalkan Jakarta, Bogor, Tangerang dan Bekasi (Jabotabek) selama periode mudik Lebaran 2023.

Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga, Lisye Octaviana, mengatakan jutaan kendaraan itu diperkirakan meninggalkan Jabotabek selama 16 hari mulai H-7 sampai dengan H+7 Lebaran 2023.

“Prediksi volume lalu lintas, untuk yang keluar Jabotabek H-7 sampai H+7 atau 16 hari melalui 4 Gerbang Tol Utama sebesar 2,78 Juta kend atau naik 6,77% terhadap Lebaran 2022 sebanyak 2,6 juta atau naik 8% terhadap 2019 sebanyak 2,57 juta,” katanya.

Dia menerangkan sebagian besar kendaraan diprediksi meninggalkan Jabotabek ke arah Timur atau Trans Jawa dengan persentase mencapai 52%.(bas)

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion

Baca Juga  Mau Mudik? Ayo Pantau CCTV Jalan Tol via Aplikasi Jasa Marga