Connect with us

Transportasi

Dishub Bersama Satlantas Polres Bantul Imbau Pemudik Waspadai Titik Rawan Kecelakaan

Published

on

Foto:istimewa

Bantul, Bindo.id – Dinas Perhubungan (Dishub) Bantul bersama Satlantas Polres Bantul telah menangani titik rawan kecelakaan di wilayah mereka. Pemudik yang melewati jalur tersebut pada arus mudik dan balik Lebaran mendatang diimbau untuk berhati-hati melewati jalur-jalur tersebut.

Kepala Bidang (Kabid) Lalu Lintas Dishub Bantul, Sri Harsono mengatakan total ada sembilan titik yang dinilai rawan terjadi kecelakaan di Bumi Projotamansari. Di antaranya yakni berada di sekitar jalan Imogiri-Mangunan, Jalan Jogja-Wonosari dan Jalan Parangtritis.

Untuk itu pada momentum mudik Lebaran 2023 ini, diminta menambah rambu-rambu lalu lintas rawan kecelakaan agar masyarakat yang melewati jalur itu tetap waspada. Petugas telah memasang planing penandaan jalur rawan kecelakaan untuk mengingatkan para pemudik.

“Di kesembilannya telah kami pasang rambu tambahan. Dua titik di Jalan Imogiri-Mangunan, lima titik di sekitar wilayah Piyungan dan dua titik di Jalan Parangtritis,” katanya dalam keterangannya, Jumat (14/04/2023).

Menurut Harsono penambahan rambu lalu lintas ini sebagai upaya mencegah terjadinya kecelakaan saat mudik Lebaran 2023 mendatang. Sebab volume kendaraan yang melewati jalur itu dimungkinkan meningkat secara signifikan. Dengan adanya tambahan rambu lalu lintas diharapkan para pengendara lebih berhati-hati.

Sementara Kasi Humas Polres Bantul Iptu I Nengah Jeffry Prana Widnyana menjelaskan, ibadah telah melakukan pelatihan di sepanjang JJLS wilayah Bantul dan menemukan masih banyak ruas jalan yang tidak dilengkapi lampu penerangan jalan.

Dimulai dari JJLS simpang 3 Pengklik Samas, karakteristik jalur tersebut hanya memiliki beberapa lampu penerangan jalan atau sangat minim. Selain itu juga tidak ada rambu maupun petunjuk arah yang bisa memberikan informasi kepada pengguna jalan yang melintas.

Namun di simpang empat JJLS Pantai Depok, lampu sudah cukup memadai dan sudah dilengkapi rambu lalu lintas. Kemudian di JJLS simpang Parangtritis pun, ia menyebutkan bahwa di lokasi tersebut sudah dilengkapi dengan lampu penerangan jalan yang cukup termasuk rambu lalu lintas dan penunjuk arah.

Baca Juga  Polrestro Depok Buka Layanan Penitipan Motor Gratis Saat Mudik Lebaran 2024

“Tapi pengguna jalan diimbau menurunkan kecepatan saat mendekati simpang empat karena banyaknya kendaraan yang melintas. Sangat berbahaya jika tidak menurunkan kecepatan, walaupun di sini sudah terdapat pita kejut, akan tetapi kami tetap mengimbau untuk selalu berhati-hati,” katanya.(bas)

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion