Connect with us

Transportasi

Mulai Hari Ini, Tiket Kereta Api H-2 Lebaran Sudah Bisa Dibeli

Published

on

Ilustrasi kursi penumpang kereta api [kai]
Ilustrasi kursi penumpang kereta api [kai]

Jakarta, Bindo.id – Tiket kereta api dengan jadwal keberangkatan H-2 Lebaran atau tanggal 20 April 2023 sudah dapat dibeli oleh masyarakat mulai hari ini, Senin (6/3/2023) pukul 00.00 WIB.

Pembelian tiket kereta api dengan keberangkatan Lebaran tahun ini dapat dilakukan melalui beberapa cara. Pemesanan tiket bisa dilakukan menggunakan aplikasi KAI Access, laman resmi kai.id, contact center 121, serta mitra penjualan tiket kereta resmi lainnya.

Cara membeli tiket Lebaran 2023 di aplikasi KAI Access

Cara membeli tiket kereta Lebaran 2023 dengan menggunakan aplikasi KAI Access, dibutuhkan akun terlebih dahulu. Apabila belum memiliki akun, dapat mendaftar lebih dulu dengan memasukkan beberapa data pribadi.

Berikut ini cara pembelian tiket kereta kebetangkatan Lebaran 2023 :

  1. Membuka aplikasi KAI Access dan login memakai akun yang sudah didaftarkan
  2. Pada halaman awal masukkan beberapa data yang diminta, yaitu masukkan stasiun keberangkatan, stasiun tujuan, tanggal keberangkatan, kelas kereta, dan jumlah penumpang
  3. Setelah selesai mengisi semua data dengan benar, kemudian klik Cari
  4. Akan tampil daftar nama kereta yang akan berangkat sesuai dengan tanggal yang telah diisikan. Selain itu juga akan menampilkan ketersediaan kursi
  5. Anda bisa memilih kereta api yang akan dipakai. Anda juga dapat memilih jam keberangkatannya, kemudian klik kereta api yang Anda dipilih
  6. Selanjutnya akan menampilkan ringkasan pemesanan dan masukkan data penumpang
  7. Anda bisa memilih kursi yang telah disediakan melalui menu Pilih Kursi. Setelah memilih kursi, lalu klik Lanjutkan
  8. Selanjutnya akan menampilkan rincian pemesanan. Selain itu juga akan tampil biaya yang harus dibayarkan. Untuk melakukan pembayaran, jangan lupa klik kolom syarat dan ketentuan, kemudian pilih Bayar Sekarang.
  9. Selanjutnya, Anda dapat melakukan pembayaran tiket kereta sesuai dengan nominal yang tertera. Cara membayarnya yaitu dengan memilih metode pembayaran yang disediakan dalam rentang waktu yang telah ditentukan.
  10. Apabila pembayaran tiket berhasil, maka secara otomatis muncul kode booking akan dikirim melalui alamat e-mail atau juga dapat dilihat pada aplikasi KAI Access.
  11. Kode booking ini akan dipakai oleh calon penumpang ketika boarding sebelum jadwal keberangkatan.
Baca Juga  KAI Kerja Sama dengan Perusahaan Manufaktur AS untuk Pastikan Keandalan Lokomotif

Pembelian tiket kereta api mudik Lebaran 2023 dapat dilakukan sejak H-45 dari jadwal keberangkatan. Saat melakukan pengisian data yang dipakai untuk pembelian tiket, calon penumpang diberikan imbauan agar memperhatikan tanggal dan rute kereta. Selain itu, identitas penumpang juga perlu diperhatikan.

Dilansir dari informasi resmi KAI, selama periode mudik Lebaran tahun 2023, sebanyak 3,5 juta tiket kereta api telah disediakan. Tiket yang disediakan yaitu tiket kereta jarak jauh dan tiket kereta api lokal.

Jumlah tiket yang disediakan PT KAI dapat bertambah berdasarkan pemantauan dan evaluasi dari permintaan tiket penumpang.

Saat ini untuk syarat penumpang kereta api jarak jauh masih menggunakan kebijakan vaksinasi Covid-19 berdasarkan Surat Edaran (SE) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Nomor 84 Tahun 2022 dan SE Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Nomor HK.02.02/II/3984/2022 yang diberlakukan mulai 19 Desember 2022.

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion