Connect with us

Transportasi

Jembatan Cikereteg Bogor Longsor, Polisi Terapkan Rekayasa Lalu Lintas di Lokasi

Published

on

Bogor, Bindo.id — Rekayasa lalu lintas diberlakukan di sekitar Jembatan Cikereteg, Kabupaten Bogor yang ditutup karena longsor. Sebab, seluruh kendaraan sudah tidak bisa melintasi jembatan tersebut.

“Bahwa rekayasa sudah dibuat sedemikian rupa yang tidak lain adalah dalam rangka memberikan pelayanan masyarakat pengguna jalan yang sudah dibuat pak Kasatlantas,” kata Kasubdit Kamsel Ditlantas Polda Jawa Barat AKBP Eti H kepada wartawan di lokasi, Selasa (28/2/2023).

Terdapat rekayasa lalu lintas yang diberlakukan yakni untuk kendaraan roda empat atau lebih menggunakan Tol Bocimi. Sedangkan, kendaraan roda dua, terdapat jalan alternatif yang bisa dilalui seperti Simpang Ratna, Pasar Cikereteg maupun Alternatif Cigombong.

“Demikian juga pengguna kendaraan transportasi massal yaitu angkot diberhentikan di titik-titik tertentu kemudian masyarakat jalan. Kalau kita lihat ini adalah masyarakat sekitar para pengguna kendaraan umum yang memang dengan kesadarannya turun dari angkot melintasi jembatan dan kemudian kembali melanjutkan perjalanan lagi melalui angkot,” jelasnya.

Rekayasa ini, tambahnya, diberlakukan hingga dibangunnya jembatan sementara atau bailey. Dari situ, juga harus dilakukan kajian terkait batas tonase kendaraan yang dapat melalui jembatan tersebut.

“Rekayasa sampai dengan jembatan bailey ini jadi. Namun itu akan ada pertimbangan apakah jembatan ini bisa dipergunakan untuk dua arah kemudian juga mudah-mudahan jembatan permanennya juga bisa terlaksana. Pertimbangan kepolisian kalau jembatan ini bisa dipergunakan untuk keamanan masyarakat maka rekayasa ini akan kami cabut,” tandasnya.

Seperti diketahui, hujan dengan intensitas tinggi membuat Jembatan Cikereteg di Jalan Raya Bogor-Sukabumi, Kabupaten Bogor mengalami longsor susulan pada Senin 27 Februari 2023. Alhasil, jembatan tersebut ditutup sehingga semua kendaraan tidak bisa melintas dan dialihkan ke jalur lain. (bas)

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion

Baca Juga  Plt Bupati Bogor Masih Menunggu Kabar 8 Warganya Yang Terjebak Di Lubang Banyumas