Connect with us

Transportasi

Bandara Raja Sisingamangaraja XII Mulai Layani Kepulangan Delegasi KOPIKO F1 Powerboat dan Wisatawan

Published

on

Jakarta, Bindo.id – Bandara Raja Sisingamangaraja XII di Siborong-borong, Tanapuli Utara, pada hari ini, Senin 27 Februari 2023, mulai melayani kepulangan para delegasi KOPIKO F1 Powerboat dan para wisatawan.

President Director PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin mengatakan puncak kepulangan delegasi dan wisatawan ada pada 27 – 28 Februari 2023.

“Pada dua hari puncak kepulangan ini lalu lintas penerbangan cukup sibuk, kami telah menyiapkan rencana operasi sehingga pengaturan pesawat di sisi udara dapat berjalan dengan baik dan pelayanan di terminal juga maksimal,” ujar Muhammad Awaluddin, dalam siaran pers.

Muhammad Awaluddin menuturkan seluruh fasilitas sisi udara (air side) dan sisi darat (land side) telah siap dalam mengakomodir tingginya lalu lintas penerbangan.

“Runway dan parking stand dipastikan siap dalam mengakomodir tingginya lalu lintas penerbangan. Koordinasi dilakukan AP II dan stakeholder lainnya di bandara guna memastikan kelancaran penerbangan,” ujar Muhammad Awaluddin.

Executive General Manager Bandara Raja Sisingamangaraja XII Ardon Marbun menuturkan pada hari ini terdapat total 22 penerbangan (keberangkatan dan kedatangan) atau meningkat lebih dari 100% dari hari normal yang biasanya 10 penerbangan (keberangkatan dan kedatangan).

“Seluruh pergerakan pesawat melayani rute Bandara Sisingamangaraja XII – Bandara Soekarno-Hatta (Tangerang). Hari ini terdapat 2 extra flight yakni Batik Air dan AirAsia Indonesia. Load factor (tingkat keterisian penumpang) maskapai juga sangat baik di mana setiap penerbangan ada di atas 90%. Diperkirakan total jumlah penumpang pada hari ini mencapai sekitar 2.500 penumpang atau naik signifikan dari hari normal berkisar 1.000 – 1.400 penumpang,” ujar Ardon Marbun.

Lebih lanjut, Ardon Marbun menuturkan kepulangan para delegasi juga dilepas dengan tarian sebelum para delegasi masuk ke pesawat.

Baca Juga  Angkasa Pura II Targetkan 73 Juta Penumpang Sepanjang 2023

Para delegasi bertolak dari Bandara Raja Sisingamangaraja XII menuju ke Bandara Soekarno-Hatta untuk transit dan melanjutkan perjalanan. AP II memastikan kesiapan Bandara Soekarno-Hatta dalam mendukung kepulangan para delegasi KOPIKO F1 Powerboat.(bas)

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion